Sekolah Diminta Tak Pangkas Bantuan PIP Peserta Didik

Banjarmasin, KP – Pihak sekolah atau Kepala Sekolah (Kepsek) dingatkan untuk tidak memangkas atau memotong bantuan yang diberikan permerintah melalui Program Indonesia Pintar (PIP) untuk para siswa.

” Jika ada Kepsek yang melakukan pemotongan dengan alasan apapun kebijakan itu sama sekali tidak dibolehkan, ” kata Wakil Ketua DPRD Banjarmasin. HM Yamin.

Dihubungi (KP) Minggu (13/9/2020) ia mengemukakan. bantuan atau dana Program Indonesia Pintar (PIP) tidak bisa dicairkan sembarangan oleh Kepala Sekolah (Kasek) tanpa sepengetahuan orangtua dengan berbagai macam alasan.

Ia nenghimbau, jika ada Kepsek yang nekat melakukan pemotongan dengan berbagai alasan, maka orang tua siswa hendaknya segera melaporkannya untuk diproses sesuai ketentuan berlaku.

Berita Lainnya
1 dari 1.390
Loading...

Menurutnya, buan Februari tahun 2020 lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Permendikbud Nomor : 10 tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP lanjut unsur pimpinan dewan dari Partai Gerindra ini, adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dari tingkat dasar atauvdisemua jenjang pendidikan atau hingga mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Sesuai ketetuan lanjut HM Yamin, dana PIP digunakan oleh peserta didik untuk membantu biaya pribadinya, seperti membeli perlengkapan sekolah atau mengikuti kursus, uang saku, keperluan biaya transportasi, biaya praktek tambahan, serta biaya uji kompetensi.

Dikatakan, pemerintah berharap dengan hadirnya PIP tidak ada lagi siswa yang putus sekolah, serta dapat menarik kembali siswa yang sempat putus sekolah.

” Agar peserta didik bisa mendapatkan manfaat program ini tentunya diharuskan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sebab dengan memegang kartu ini memberi jaminan dan kepastian bahwa anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan,” katanya. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya