Wabup Tanggapi Pandangan Fraksi DPRD
Atas Raperda Perubahan APBD 2020

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum Fraksi DPRD, atas rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2020, Senin (31/8/2020) dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten HSS.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada fraksi-fraksi DPRD, yang telah menyampaikan pertanyaan, tanggapan, saran dan dukungan dalam pandangan umum atas Raperda perubahan APBD 2020 yang telah disampaikan.

Syamsuri Arsyad menanggapi harapan dari Fraksi Golkar, agar ada terobosan dan langkah-langkah yang maksimal untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD). Ia mengatakan, harapan tersebut selaras dengan yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemkab HSS melalui SKPD terkait.

“Beberapa peningkatan pelayanan telah dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan, yang pada akhirnya bertujuan pada kenaikan pendapatan asli daerah,” ucapnya.

Peningkatan pelayanan itu sebutnya, menjalin kerjasama dengan bank serta instansi terkait untuk melayani pembayaran pajak dan retribusi secara online. Lalu, pemanfaatan teknologi informasi dalam membangun sistem pendapatan daerah yang lebih terkontrol dan akuntabel, seperti parkir elektronik, PBB dan BPHTB Online.

Ditambahkannya, ke depan akan terus mengupayakan inovasi, kegiatan atau penegakan peraturan yang lebih tegas, agar memberikan dampak kepada peningkatan PAD.

Selanjutnya, Fraksi PKB mengharapkan pemerintah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam pemulihan ekonomi. Syamsuri menjelaskan, kebijakan dan strategi pemulihan ekonomi adalah landasan utama dalam penyusunan Raperda itu.

Berita Lainnya
1 dari 293
Loading...

Menurutnya, salah satu hal penting yang terlihat dalam Raperda itu, yakni program dan kegiatan yang direncanakan baik itu melalui SKPD atau yang langsung diserahkan kepada masyarakat, adalah untuk mendorong belanja pemerintah dan daya beli masyarakat.

Kemudian, Fraksi PDIP menyarankan perlunya penataan prioritas program yang benar-benar urgent. Syamsuri menjelaskan, hal itu selaras dengan keinginan dan upaya Pemkab HSS, untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan keuangan daerah yang dimiliki, dalam menyusun prioritas pembangunan.

Lalu, Fraksi Nasdem berharap eksekutif lebih efisien dalam penggunaan anggaran penanganan Covid-19 dan optimalisasi penyerapan anggaran. Syamsuri Arsyad menerangkan, upaya efesiensi itu sudah dilakukan.

Sebelum disetujui dan ditetapkan terangnya, anggaran penanganan Covid-19 telah dilakukan rapat khusus antara tim anggaran pemerintah daerah dengan SKPD sebagai pengguna atau pelaksana.

Syamsuri Arsyad mengucapkan terimakasih, atas apresiasi Fraksi PKS terhadap Raperda yang disampaikan.

“Penyusunan raperda tentang Perubahan APBD ini, tentunya tidak lepas dari peran serta DPRD dalam membantu Pemkab HSS untuk menyempurnakan perubahan kebijakan umum APBD. Serta perubahan prioritas dan plafon anggaran sementara, yang menjadi salah satu dasar penyusunan Raperda ini,” ujarnya.

Fraksi Gerindra-PAN mengharapkan, perubahan APBD 2020 bermanfaat seluas-luasnya bagi kesejahteraan masyarakat. Syamsuri Arsyad mengatakan, hal itu merupakan harapan bersama, yang perlu kerjasama seluruh pihak untuk mewujudkannya.

Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, didampingi Wakil Ketua II Muhammad Kusasi. Rapat turut diikuti para Asisten, Staf Ahli, para Kepala SOPD dan para Angota DPRD setempat. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya