Bupati HSS Tinjau TPA yang Baru Difungsikan

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meninjau tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (7/10/2020) kemarin.

TPA itu dibangun baru pada 2019 lalu, dan juga baru saja difungsikan. Dibangun dengan metode sanitary landfill, yakni sampah yang datang dipadatkan tiap hari dan ditutup dengan tanah.

Lokasinya berada di jarak sekira 3 sampai 4 kilometer, dari permukiman penduduk terdekat. Sedangkan jarak idealnya, TPA minimal 500 meter sampai 1 kilometer dari permukiman.

Peninjauan TPA itu turut didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, serta Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra. 

Sebelum melakukan peninjauan, terlebih dahulu dilakukan penanaman bibit pohon ketapang kencana. Hal itu, guna penghijauan di sekitar lokasi TPA baru Desa Sungai Raya Selatan tersebut. 

Pada kesempatan itu, Bupati HSS Achmad Fikry berharap TPA yang baru itu dapat dikelola dengan baik oleh pihak yang menjadi pengelolanya.

Berita Lainnya
1 dari 315

Achmad Fikry mengatakan, ia menginkan anggapan TPA yang jijik dapat dihilangkan. Sebab menurutnya, hal itu membuat sebagian orang takut pada TPA. 

Untuk itulah terangnya, dilakukan penanaman pohon yang diharapkan membuat TPA menjadi lebih terlihat bersih.

“Dilakukan penanaman pohon dan pengelolaan yang baik, diharapkan dapat membuat lokasi TPA ke depannya terlihat hijau dan bersih. Sehingga orang senang dan nyaman melihatnya,” ujar Achmad Fikry.

Pada peninjauan itu, Achmad Fikry melihat di TPA makin banyak sampah plastik yang terkumpul. Ia menginginkan, ke depan ada gerakan tidak menggunakan plastik. “Sehingga dapat mengurangi dampak limbah plastik yang berlebihan,” terangnya.

Sebelumnya, TPA lama yang berada di Desa Malutu sudah overload dan tidak memungkinkan dilakukan pengembangan, sehingga dibangun di lokasi baru.

Sedangkan TPA lama yang yang sudah tidak difungsikan, Achmad Fikry mengungkapkan sudah diserahkan kepada pihak perusahaan terkait. Karena digantikan, dengan pembangunan TPA dilokasi yang baru itu.

Peninjauan itu, turut dihadiri Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Mahyuni, Sekcam Sungai Raya, serta para petugas dari Dispera KPLH. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya