DPT Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Balangan Ditetapkan

Paringin, KP – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Balangan melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap, Pemilihan Serentak Tahun 2020, Kamis (15/10/2020).

Hadir dalam pleno DPT yang di gelar di Aula KPU setempat, seluruh Komisioner KPU Balangan, Bawaslu Balangan, LO masing masing Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Balangan, Ketua Panwascam dan PPK se-kabupaten Balangan.

Ketua KPU Balangan, Saripani mengatakan untuk seluruh PPK agar mengikuti pleno ini dengan cermat dan teliti, sebelum pleno Daftar Pemilih Tetap,  sudah melalui rangkaian tahapan demi tahapan.

Sehingga hari ini dilaksanakan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun 2020.

“PPK agar mengikuti pleno ini dengan cermat dan teliti. sebelum pleno Daftar Pemilih Tetap, sudah melalui rangkaian tahapan demi tahapan. Sehingga hari ini dilaksanakan pleno penetapan Daptar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 308

Saripani menjelaskan, jumlah DPT pada Pilkada serentak Desember mendatang mencapai 91.198 pemilih. Dari jumlah itu, untuk jumlah pemilih perempuan, terang dia, sebanyak 45.682 dan pemilih laki-laki 45.516 dari 8 kecamatan 157 desa dengan 333 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi hari sudah kita tetapkan DPT dalam rapat pleno, itu jumlahnya 91.198 pemilih dari total jumlah penduduk Kabupaten Balangan yang mencapai 131 ribu jiwa,” ucapnya.

Menurut Saripani, jika nanti ada tambahan pemilih masuk ke Daftar Pemilih Pindahan (DPP-h) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPT-b) dengan memakai e-KTP sesuai dengan desa atau domisili pemilih berada.

“Biasanya warga kabupaten Balangan yang berada di luar kota, atau pemilih pemula/pelajar yang sekolah di luar daerah,” terangnya lagi.

Sementara, Ketua KPU Balangan ini menambahkan, untuk jumlah DPT di Pilkada Balangan 2020 ini ada peningkatan dari DPT Pemilu 2019 lalu, karena memang banyak pemilih pemula yang masuk, namun ada juga pemilih yang pindah dan meninggal dunia. “DPT pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 90.660 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 45.261 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 45.399 pemilih, tersebar di 8 Kecamatan, 157 Desa/Kelurahan, dan 429 TPS,” imbuhnya. (jun/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya