Gudang Beras Poktan Budi Bakti Gambah Dalam Barat Diresmikan

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan bangunan Gudang Beras Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti, Kamis (1/10/2020) yang berlokasi di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan.

Peresmian ditandai dengan pemotongan untaian janur, yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS Achmad Fikry, yang didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, Akhmad Mawardi menjelaskan, pembangunan Gudang Beras Poktan Budi Bakti itu, menggunakan APBD Kabupaten HSS tahun 2020 sebesar Rp 178.664.000. 

Proses pengerjaannya dimulai 30 Maret, sampai 27 Juli 2020. 

“Proses pengerjaannya, memakan waktu cepat dan telah selesai sebelum habis masa waktu kontrak,” ucapnya bersyukur. 

Pembangunan gudang beras itu bertujuan, untuk mendukung kemandirian kelompok tani. Khususnya kegiatan pasca panen beras organik, yang diproduksi oleh Poktan Budi Bakti Gambah Dalam Barat, sebagai bagian dari program ketersediaan dan distribusi pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS.

Jumlah petani yang dapat memanfaatkan gudang beras itu sebutnya, sebanyak 47 orang anggota Poktan. 

Berita Lainnya
1 dari 314

“Hasil penilaian Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Gudang Beras untuk Poktan Budi Bakti ini masuk nominasi terbaik Se Kalsel,” ungkap Mawardi. 

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan, bangunan yang telah diresmikan itu diharapkan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, oleh Poktan Budi Bakti dan masyarakat Desa Gambah Dalam Barat.   

Achmad Fikry besyukur, melihat Poktan Budi Bakti semakin berkembang. Sebab, kabarnya, Poktan Budi Bakti akan mendapatkan sertifikat organik satu-satunya di Kalimantan.

Sertifikat organik itu, Achmad Fikry optimis bisa lebih meyakinkan orang bahwa Poktan Budi Bakti memang betul-betul memproduksi beras organik.

Hal itu ujarnya, tentunya juga perlu dipersiapkan, karena ada  kemungkinan orang-orang akan berdatangan. Baik sekedar memesan produk beras organik, maupun yang ingin belajar budidaya organiknya.

“Jangan sampai nanti saat diorder beras, ternyata stok berasnya tidak mencukupi. Mulai sekarang mari kita galakkan untuk menanam beras organik, ajaknya lagi,” imbau Achmad Fikry. 

Achmad Fikry meminta kepada Ketua Poktan Budi Bakti, untuk bisa melakukan koordinasi dan mengajak serta kelompok-kelompok tani lain untuk ikut pula dalam memproduksi beras organik.

Bupati Achmad Fikry mengatakan sekarang sudah banyak ASN di lingkungan Pemkab HSS yang beralih dengan mengkonsumsi beras organik. Bahkan diakuinya, ia sejak beberapa bulan lalu juga beralih serta rutin mengkonsumsi beras organik. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya