Terkait Rencana Penelitian Cabai Hiyung
Tim Peneliti ULM Kunjungi Bupati Tapin

Rantau, KP – Tim Peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru mengunjungi Bupati Tapin HM.Arifin Arpan untuk bersilahturahmi sekaligus menyampaikanrencana mereka melakukan penelitian tentang cabai hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin.dan dalam peran sistem agribisnis dari hulu sampai ke hilir yang dapat meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi, bertempat di Aula Bapelitbang Tapin, belum lama tadi.

Dalam pertemuan tersebut, tim peneliti ini yakni DR.Ir.Yusuf Azis bersama DR.Emy Rahmawaty,MP mengatakan bahwa pihaknya hingga akhir tahun ini bakal melakukan penelitian cabai hiyung dalam agri bisnis secara utuh dari hulu sampai hilir. 

“Kami akan memberikan masukan kepada pemerintah daerah ini bagaimana kondisi Hiyung saat ini dan bagaimana pengembangannya kedepan.

Kami sebagai orang Fakultas ingin cabai hiyung ini lebih maju dan berkembang,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 163

“Waktu penelitian kita rencananya sampai akhir Desember 2020 nanti selesai, meskipun dalam proyek ini kami agak terlambat,”tambahnya.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan sempatkan diskusi dengan tim peneliti.

Dimana Bupati meminta pengawalan pihaknya untuk turut mengembangkan dari hulu ke hilir. Karena sektor pertanian di Tapin menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Tapin.

“Sebelum adanya tanaman cabai hiyung ini mata pencarian warga khususnya petani disana rata-rata hanya mencari kayu galam dan sekarang berkat tanaman cabai hiyung ini mereka mendapatkan penghasilan lebih meningkat jauh lebih baik,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa cabai hiyung adalah unggulan Kabupaten Tapin yang tingkat kepedasannya mencapai 17 kali lipat dari cabai biasa. (ari/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya