Pelatihan Pelatih Fisik Nasional
Tommy Firdaus peserta terbaik

Pelatih pencak silat, Tommy Firdaus terpilih sebagai peserta terbaik, Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional.

Banjarbaru, KP – Pelatih pencak silat IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kalimantan Selatan, Tomy Firdaus, terpilih sebagai peserta terbaik diajang Pelatihan Pelatih Level I Nasional di GOR Rudy Resnawan, Banjarbaru, Kamis-Minggu (1-4/10/2020).

Tomy menyisihkan 89 peserta lainnya yang terdiri dari 50 pelatih cabang olahraga dan 40 peserta Mahasiswa Uniska (Universitas Islam Kalimantan).

Tomy mengaku bukan soal menjadi yang terbaik yang dia banggakan, namun pelatihan ini yang membuat dirinya semakin termotivasi, untuk mengaplikasikannya ke para atlet.

“Karena pelatihan fisik ini sangat penting bagi pengetahuan kami sebagai pelatih agar memberikan dosis dan materi ke atlet tidak salah,” kata staf Dispora Tanah Laut ini.

Apa lagi pelatihan fisik ini bias untuk cabor apa saja, sehingga banyak hal pengetahuan dan ilmu yang selama ini belum diketahui dengan pelatihan ini menjadi paham.

“Kalau mendapat peringkat sebenarnya bukan tujuan. Tujuan nya memang mau belajar dan ingin mmpelajari lebih jauh tentang peran penting pelatih fisik,” ujar dia.

Berita Lainnya
1 dari 246

Dalam pelatihan yang digelar Jurusan Pendidikan Olahraga Kesehatan (JPOK) Uniska Banjarmasin, bekerjasama dengan LP2O Lankor dan Dispora Kalsel ini, Tomy mampu melahap praktek pelatihan. Meliputi daya tahan umum dan khusus, Kekuatan umum dan khusus, Kecepatan umum dan khusus, flexibily dan koordinasi.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri Ketua Umum ICCA Dosen Pembinaan Fisik UNY Pelatihan Advance Strenght and Conditioning Oleh ACA, Dr Devi Tirtawirya, M Or, Ketua LP20 Lankor Lecturer IAAF CESC Dosen Pasca Sarjana UNY yang juga Direktur RDC Asia, Dr Ria Lumintuarso, dan menghadirkan Dosen Pembinaan Fisik ULM , Dr Tri Irianto M Kes, AIFO dan Dosen Pembinaan Fisik ULM, Dr Shadiqin M Kes, AIFO.

“Narasumber sangat gamplang dan detail memberikan penjelasan jadi peserta paham. Kami pun akan mengaplikasikannya kepada para atlet,” kata Tommy.

Kepala Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan, Muhammad Fitri Hernadi menambahkan, dengan Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional, para pelatih fisik yang ada sudah bisa memiliki metodelogi baru dalam bekerja untuk membentuk dan membina atlet-atlet terbaik di Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua Panpel, Hegen Dadang Prayoga, Kualitas dan kuantitas para pelatih fisik harus selalu ditingkatkan, menjadi dasar digelarnya Pelatihan Pelatih Fisik tersebut. Ini penting demi mencetak para atlet andal dengan kondisi fisik yang prima. Sehingga, para atlet mampu bertanding secara maksimal kapanpun diperlukan.

Hal inilah yang mendorong Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Islam Kalimantan (JPOK Uniska) Banjarmasin mengadakan pelatihan pelatih fisik level I Nasional untuk semua cabang olahraga (cabor) di Banjarbaru, 1-4 Oktober. Tak tanggung-tanggung, JPOK Uniska Banjarmasin menghadirkan narasumber pakar pelatih fisik nasional.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Yoga ini, ada 90 pelatih fisik se-Kalsel yang mengikuti kegiatan pelatihan pelatih fisik tersebut. “Materi teori disampaikan di Moonlight Hotel Banjarbaru. Untuk materi praktik, dilaksanakan di GOR Rudy Resnawan. Dan yang paling penting, kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari penyebaran virus Covid-19,” pungkas Hegen. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya