Penguatan Kelembagaan LPTQ Perlu Dukungan Pemerintah

Banjarmasin – Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Fathurrahman, mewakili Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (12/10) di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Melalui sambutan tertulis Plt Gubernur Kalsel, Fathurrahman menyampaikan peran penting LPTQ dalam pembinaan umat dan mewujudkan generasi Qurani.

LPTQ tidak hanya sebagai sebuah organisasi yang bekerja untuk bidang tilawatil Quran. Wilayah kerja LPTQ juga mencakup pembinaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang terkait dengan pendidikan al-qur’an.

“Tilawatil Quran kita kembangkan bukan hanya untuk musabaqoh, tetapi yang paling mendasar adalah menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” tulisnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.083

Lebih lanjut Fathurrahman menyampaikan bahwa perlu melakukan penguatan-penguatan diberbagai aspek, seperti peningkatan SDM, peningkatan fasilitas pendukung, serta peningkatan anggaran. Di sisi lain, sinergi LPTQ dengan pemerintah juga perlu ditingkatkan, termasuk dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

“Penguatan kelembagaan LPTQ sangat kita perlukan. Tanpa adanya penguatan kelembagaan, tidak mudah bagi LPTQ untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan peningkatan peran yang selama ini melekat dengan keberadaan LPTQ,” lanjutnya.

Penguatan kelembagaan LPTQ juga perlu dilakukan karena tantangan dan ujian yang dihadapi umat islam pada masa kini semakin berat, khususnya menghadapi dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi dan perubahan nilai-nilai kehidupan.

“Teruslah bergerak untuk memperjuangkan agar Alquran membumi di Kalsel, baik dari keindahan bacaan maupun pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Dalam pelaksanaan Rakerda LPTQ Prov. Kalsel 2020 ini mengangkat tema “Dengan Semangat Rakerda Kita Satuka Tekad Menyongsong Prestasi Gemilang MTQ Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Selatan”.

Rakerda ini juga dihadiri oleh Ketua LPTQ Se Kalsel, jajaran Kemenag Kab/Kota Se Kalsel, dan Bagian Kesra Kab/Kota Se Kalsel. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya