Perhiptani Kalsel Surati Kementan Agar THL Diangkat jadi Penyuluh Pertanian

Banjarmasin, KP – Penyuluh Pertanian merupakan ujung tombak pendamping para petani di Kalsel. Karena itu Dinas TPH Kalsel bersama Perhiptani (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) Wilayah Kalsel akan mendorong tenaga harian lepas (THL) yang ada untuk bisa diangkat menjadi penyuluh pertanian.

“Sangat disayangkan apabila petani kita tidak ada yang mendampingi, untuk itu kami akan mengirimkan surat ke Kementrian Pertanian melalui Perhiptani sebagai wadah penyuluh untuk secepatnya agar THL yang ada bisa diangkat jadi penyuluh,” terang Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel Syamsir Rahman, saat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kalsel, Banjarmasin, Senin (19/10).

Syamsir menambahkan, pengangkatan THL ini tidak bisa dilakukan segara karena ada beberapa komponen yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah pusat agar tidak timbul rasa iri dengan THL disektor lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.141

“Rumah untuk THL itu sudah ada, namun kalau ini didorong untuk jadi atau diangkat, takutnya THL disektor lain akan iri. Oleh karena itu, ada beberapa komponen yang harus dipertimbangkan pemerintah pusat,” tandas Syamsir

Sementara Plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalimantan Selatan, Syaiful Ashari mengatakan penyuluh pertanian memiliki peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan pertanian khususnya di Kalimantan Selatan, terutama dalam mewujudkan pembangunan pertanian berwawasan agribisnis.

Syaiful mengatakan, penyuluh pertanian memiliki tugas penting untuk membina masyarakat agar bisa menerapkan modernisasi pertanian dalam rangka mewujudkan pertanian berbasis agribisnis.

“Untuk itu, petani dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dari petani biasa, seperti kemampuan manajerial dalam pengelolaan usaha yang lebih profesional, kreatif, inovatif, bahkan berwawasan global, serta mampu menguasai teknologi dan dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Disinilah peran penyuluh pertanian dibutuhkan,” ungkapnya. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya