11 Ekor Betet Diamankan Dit Reskrimsus Polda Kalsel

Banjaramsin, KP – Ada 11 ekor burung dilindungi jenis Betet diamankan anggota Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan (Dit Reskrimsus Polda Kalsel).

Diketahui untuk hewan dilindungi, bisa dikenakan dugaan tindak pidana sebagaimana dimaksud Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 Ayat (2) huruf (a) UU RI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya

“Semua barang bukti itu sudah kita serahkan ke BKSDA untuk menitipkan barang bukti.

Pada awal ada 20 burung dan telah dijual sembilan ekor sehingga tersisa sebanyak 11 burung betet,” kata Direktur Reskrimsus, Kombes Masrur kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

Berita Lainnya
1 dari 991

Dikatakan, semua hasil giat anggota di Desa Sungai Bangkal Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten, Selasa (3/11/2020) lalu sekitar pukul pukul 16.31 WITA.

Selain barang bukti, pihaknya juga mengamankan tersangka berinisial AM (28), diduga sebagai pemilik dan penjual.

Ketika itu, anggota bertanya kepada AM dan mengaku kalau itu burung miliknya dan akan dijual.

“Ternyata burung itu dikirim dari seseorang berinisial Jn dari Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng) dan berkomunikasi diantara keduanya via Hp, yang kemudian, burung dikirim via travel,” tambah Kombes Pol Masrur.

Mengingat situasi lokasi perkampungan yang padat penduduk, maka petugas sesegera membawa barang bukti dan pemilik burung ke Dit Reskrimsus Polda Kalsel. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya