300 Hektare Padi Rawa Lahan Serasi Daha Utara HSS Panen Raya

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengikuti syukuran panen raya padi rawa Kelompok Tani (Poktan) Sumber Bahagia Desa Hamayung Utara, Selasa (17/11/2020) pagi di Jalan Usaha Tani (JUT) Hj Sahlani, Desa Hamayung Utara, Kecamatan Daha Utara.

Pada kesempatan itu dilaksanakan panen bersama, yang dilakukan Bupati HSS Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kasat Binmas Polres HSS Samsi yang mewakili Kapolres, dan Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor.

Panen raya itu merupakan hasil tanam padi rawa di lahan program selamatkan rawa sejahterakan petani (Serasi) seluas 300 hektare, yang pengelolaannya diberikan kepada 6 kelompok tani yang berasal dari 3 desa, yakni Desa Hamayung, Desa Hamayung Utara dan Desa Paharangan Kec Daha Utara.

Ketua panitia syukuran, Nurdin mengatakan, cetak sawah di lahan Serasi seluas 300 hektare sudah dimulai sejak tahun 2015, dan panen sejak 2016 hingga sampai sekarang.

Nurdin berujar, keberhasilan masyarakat Daha Utara melaksanakan musim tanam dan musim panen setiap tahunnya itu, tidak terlepas dari berbagai bantuan yang sudah diberikan pemerintah.

“Selain mendapatkan bantuan pupuk, obat rumput, bibit padi, bahkan di hari ini kembali dibantu hand traktor. Lahan Serasi ini tidak pernah mengalami kekeringan karena ada mesin pompa air, saluran air dan irigasipun telah tersedia. Tinggal masyarakat kami yang memeliharanya,” tutur Nurdni.

Berita Lainnya
1 dari 340

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku bersyukur, meski mencetak sawah tidak mudah namun akhirnya lahan Serasi seluas 300 hektar bisa dirasakan hasilnya.

Ia berujar, sebagian besar harapan petani di wilayah Daha sudah bisa diakomodir Pemkab HSS.

“Ini komitmen pemerintah untuk menyejahterakan petani, karena mayoritas penduduk Kabupaten HSS adalah petani,” ujarnya.

Achmad Fikry mengajak para petani untuk bersyukur kepada Allah SWT, dengan mengeluarkan zakatnya apabila hitungannya terpenuhi. Hal itu terangnya, untuk memperoleh keberkahan. Ia juga berpesan untuk mensyukuri lahan yang dikaruniakan tuhan, dengqan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Sebelum melaksanakan panen raya itu, Bupati Achmad Fikry menyerahkan bantuan berupa power thresher kepada Poktan Bina Warga Desa Hakurung Kecamatan Daha Utara, dan Poktan Berkat Bersama Desa Baru Kecamatan Daha Barat, serta bantuan satu unit hand traktor kepada Poktan Sumber Bahagia Desa Hamayung Kecamatan Daha Utara.

Pada kesempatan itu, Achmad Fikry menaiki traktor panen padi otomatis dengan dibantu seorang operator. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya