Berburu Tanaman Hias di Pasar Pal 7

Suci, salah seorang pedagang tanaman hias di Pasar Pal 7, mengungkapkan penjualan tanaman ramai setiap minggunya, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini.

BANJARMASIN, KP – Bagi pecinta tanaman hias di Banjarmasin dan beberapa daerah Kota/Kabupaten tetangga pasti sudah sering mengunjungi tempat jual beli tanaman yang satu ini.

Terletak di kawasan Pasar Ahad atau lebih dikenal dengan Pasar Pal 7, puluhan pedagang tanaman terlihat menawarkan bermacam-macam jenis tanaman di sepanjang ruas jalan A Yani Km 7, Kertak Hanyar.

Tak hanya jenis tanaman hias, di tempat ini pedagang juga menjual tanaman apotik hidup, bibit tanaman buah, bibit tanaman sayur, tanah pupuk hingga media tanam lainnya seperti aneka pot dan rak pajangan untuk bunga.

Suci, salah seorang pedagang tanaman hias di Pasar Pal 7, mengungkapkan penjualan tanaman ramai setiap minggunya, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini.

“Pembeli datang tak hanya dari Banjarmasin, tapi banyak juga orang luar daerah. Di tengah wabah Corona penjualan semakin ramai. Mungkin, orang malas keluar rumah, jadi merawat tanaman bisa jadi solusi mengisi waktu luang” ujar Suci yang menjual tanaman bersama suaminya.

Menurutnya, saat ini tanaman hias yang paling banyak dicari adalah jenis Keladi atau Caladium yang merupakan tumbuhan keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Ciri utama Caladium, yakni daunnya yang melebar berbentuk seperti anak panah atau kuping gajah.

Caladium saat ini menjadi primadona dikalangan pencinta tanaman. Tumbuhan ini digandrungi karena kecantikan daunnya yang lebar dan bervariasi, sehingga sering diburu oleh penikmat cocok tanam. Harga dari tumbuhan Caladium ini pun bervariatif tergantung jenis-jenisnya.

“Jenis Caladium bermacam-macam. Hasil dari persilangan yang menciptakan corak warna yang unik dan beragam,” kata Suci kepada Kaliamantan Post, Minggu (8/11).

Diantara tanaman Caladium, lanjutnya, ada jenis Florida Cardinal, Condidum, Ginger Land, Carolyn Whorthon, Thai Beauty, Mery Christmas dan Caladium Miss Muffett, serta banyak lagi jenis lainnya.

“Harga Caladium bervariasi, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya. Yang murah seperti jenis Florida Cardinal, harga bibitnya Rp 25 Ribu. Kalau Condidum Rp 45 Ribu, Carolyn Whorthon Rp 60 Ribu. Yang sedikit agak mahal ada jenis Thai Beauty harganya Rp 150 Ribu dan Mery Christmas sekitar Rp 250 Ribu,” terang Suci.

Jenis tanaman lainnya yang banyak diburu para penghobi tanaman hias adalah jenis Aglonema. Tanaman ini terdiri dari 30 spesies yang tersebar luas termasuk di negara Indonesia. Julukan lain dari Aglonema adalah Sri Rejeki atau di luar negeri dikenal sebagai Chinese Evergreen.

Berita Lainnya
1 dari 514

Pedagang tanaman lainnya, Rahmadi, juga mengaku pembeli semakin ramai setiap minggunya. Karena Pasar tanaman Pal 7 ini buka setiap hari Minggu saja. Setiap buka lapak ia bisa mengantongi jutaan rupiah.

“Alhamdulillah, pembeli selalu ramai. Minat pecinta tanaman hias cukup tinggi saat ini,” kata Rahmadi yang menjual beberapa jenis Aglonema.

Ia menyebut, ada beberapa jenis Aglonema yang sering dicari orang. Seperti, Aglonema Bidadari, Aglonema Moonlight, Aglonema Adelia, Aglonema Legacy, Aglonema Red Kochin dan Aglonema Infinity.

“Saya ada jual Aglonema Infinity Rp 300 Ribu dan Aglonema

Red Kochin RP 400 Ribu,” imbuh Rahmadi.

Aglonema sering juga dijuluki tanaman “Ratu Daun”. Tumbuhan ini tahan disimpan dalam ruangan selama satu minggu tanpa dikeluarkan.

Sebab, dapat mentolerir sebagian cahaya dan tumbuh baik di tempat terang.

“Tanaman ini tak masalah jika diletakkan di ruangan kantor dengan cahaya lampu. Jadi cocok dijadikan tanaman indoor dan bagi orang yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah,” tambah Rahmadi.

Selain Aglonema, ia juga menjual tanaman hias lainnya dengan harga yang ramah di kantong. Seperti jenis tanaman baru yang namanya Pelangi.

“Pelangi ini jenis tanaman baru. Harganya hanya Rp 30 Ribu saja. Mungkin saja, jika banyak permintaan harganya akan melambung,” cetusnya, sembari menujuk ke arah tanaman dengan batang memanjang berwarna hijau dan daunnya berwarna ungu kombinasi putih.

Sementara, seorang pembeli, Parti, warga Karang Paci, Banjarmasin, mengatakan, sengaja datang untuk membeli tanaman hias untuk menambah koleksi yang sudah ada di rumahnya.

“Iya, sambil hunting tanaman hias buat di rumah. Saya sedang mencari jenis Caladium dan Aglonema. Tapi, harganya yang terjangkau saja. Yang penting mata nyaman saat memandang warna daun-daunnya,” ucapnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya