Desa Hambuku Lima Jalankan Upaya Pencegahan Covid 19

BUPATI HSU - Mendampingi kedatangan TIm Teknis Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020 tingkat provinsi Kalimantan Selatan (kalsel). (KP/Ist)

Amuntai, KP – Tim Penilai Lapangan Tim Teknis Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020 tingkat provinsi Kalimantan Selatan (kalsel) mengunjungi Desa Hambulu Lima, Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Senin (23/11/2020).

Kedatangan Tim tersebut didampingi Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si, Ketua TP.PKK HSU Dra Hj Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Camat Babirik Harun Nur Rasyid, Ketua TP.PKK Kecamatan Babirik, Kepala Desa Hambuku Lima H. Aulia Noor Rahman.

Pada kesempatan itu, Tim Teknis Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020 juga memantau pelaksanaan program KB di Desa Hambuku Lima tersebut.

Tim Teknis Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020 kemudian diajak oleh bupati dan Ketua TP.PKK HSU untuk melihat dan mencicipi produk olahan maupun hasil alam Desa Hambuku Lima, diantaranya hasil kebun, madu kelulut, peyek daun kelor, minuman jahe dan beras kencur, tahu dan telor asin.

Ketua TP.PKK Desa Hambuku Lima Anisa Rahma, S.Pd, bersyukur telah diberikan kesempatan kepada Desa Hambuku Lima sebagai tempat pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tahun 2020.

Berbagai program yang dilaksanakan diantaranya program pemberdayaan kesejahteraan keluarga PKK, program pembangunan kependudukan keluarga berencana dan bangga kencana, serta program kesehatan yang meliputi imunisasi, posyandu, PHBS, pencegahan Covid-19 dan kegiatan lintas sektor lainnya yang terkait dalam rangkaian kegiatan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan Tahun 2020.

Adapun program inovasi yang dilakukan Desa Hambuku Lima diantaranya pembentukan tim pola asuh anak dan remaja tingkat desa, pojok baca Nusa Indah, posyandu balita berhadiah, pemeriksaan kesehatan gula darah untuk lansia.

Bupati berharap melalui kegiatan ini anak-anak bebas dari stunting dan bisa mendapatkan pendidikan dan kualitas hidup yang lebih baik. Melalui program KB diharapkan juga dapat mengatur jarak kelahiran untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Berita Lainnya
1 dari 334

“Melalui kegiatan ini pelayanan kesehatan yang merata melalui posyandu, poskesdes, sosialisasi kesehatan, dan pencegahan Covid-19”, lanjut Wahid.

Potensi olahan masyarakat dan hasil alam Desa Hambuku Lima juga sangat menjanjikan dan bisa meningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Masyarakat bisa memanfaatkan lingkungan sekitar rumah untuk kegiatan produksi maupun menanam tanaman yang bermanfaat, lanjut bupati.

Bupati Wahid menambahkan, kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan keluarga.

“Semoga Desa Hambuku Lima, Kecamatan Babirik, HSU bisa menjadi juara pertama dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020,” ujar Wahid.

Sementara itu, dr Mahendra Prakosa mewakili Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Ramlan, MA dalam sambutannya mengatakan visi misi presiden RI yang tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019 diantaranya menyebutkan bahwa salah satu prioritas pembangunan nasional adalah mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.

Untuk itu perlu mengupayakan penduduk tumbuh seimbang, keluarga sadar kesehatan serta masyarakat berdaya dan sejahtera. Upaya tersebut diwujudkan melalui kegiatan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana- Kesehatan tahun 2020 mengambil tema “Melalui Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan Kita Tingkatkan Kepedulian Sesama Untuk Hidup Sehat dan Sejahtera dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju”.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan yang merata, lingkungan rumah dan pemukiman yang bersih dan sehat, program pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana.

“Kegiatan ini memotivasi kader dan keluarga serta tim penggerak PKK dalam pencapaian target PKK-Bangga Kencana- Kesehatan,’’ terang Hendra. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya