Desa Mandala Dicanangkan Sebagai Agrowisata Edukasi

Kandangan, KP – Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dicanangkan sebagai desa agrowisata edukasi. Hal itu program kerjasama Bank Kalsel, dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Sebelumnya, dilaksanakan panen raya padi unggul lokal Kelompok Tani (Poktan) Balanti, Desa Mandala, Kamis (12/11/2020).

Panen diawali oleh Bupati HSS Achmad Fikry, Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabaruddin, Kepala Cabang Bank Kalsel Kandangan Syamsir, Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Akhmad Mawardi.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengapresiasi program yang dilaksanakan Bank Kalsel di Desa Mandala itu.

Diungkapkan Achmad Fikry, di Kecamatan Telaga Langsat terutama yang dilewati aliran irigasi, rata-rata memiliki 2 kali masa tanam dalam setahun. 

“Kami menilai penempatan program Bank Kalsel di wilayah Kecamatan Telaga sangat tepat. Karena daerah ini merupakan daerah-daerah sentra pertanian yang baik,” ujarnya.

Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarruddin mengatakan, program-program pihaknya di sektor pertanian merupakan salah satu komitmen dan upaya untuk terus mengembangkan daerah.

Berita Lainnya
1 dari 351

Agus mengatakan, Bank Kalsel berkomitmen bersama-sama pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan.

“Mudah-mudahan dengan pencanangan Desa Mandala sebagai desa agrowisata edukasi, dan dengan terus bergulirnya program ini, keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 bisa bangkit,” harapnya.

Kepala Cabang Bank Kalsel Kandangan Syamsir menerangkan, setelah dilakukan panen di persawahan itu, akan dilakukan demplot padi benih unggul indukan pertama sedang lahan kering.

Di sebelahnya lagi tambahnya, akan dilakukan demplot padi gogo unggul indukan pertama, serta demplot berbagai jenis bibit unggul tanaman holtikultura.

Benih padi yang ditanam dari program CSR Bank Kalsel, berupa 20 kilogram benih padi IF 16 dan Cakrabuana, dan bantuan 1 ton pupuk.

Memakai konsep agrowisata edukasi ujar Syamsir, Desa Mandala akan menjadi tujuan wisata, untuk melihat tanaman padi dan berbagai jenis tanaman holtikultura.

“Di sana nanti ada perkebunan cabai, terong, timun, melon dan lain-lainnya. Desa Mandala akan menjadi tempat belajar mengenal dan mendalami mengenai tanaman pertanian dan perkebunan,” tuturnya.

Setelah pencanangan itu, dilaksanakan gathering Bank Kalsel bersama para petani di Desa Mandala. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya