Jelang Peringatan Harjad ke-70
Pemkab HSS Ziarahi Makam Para Pendiri Kabupaten

Kandangan, KP – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) berziarah ke makam pendiri Kabupaten, para mantan Bupati, serta para mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS, Jumat (20/11/2020) pagi.

Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Sekda Muhammad Noor, mimimpin rombongan melakukan ziarah tersebut.

Ziarah dimulai menuju Desa Karang Jawa, yakni ke makam Kasyful Anwar, yang merupakan Bupati HSS periode 1950-1959 dan 1960-1963.

Lalu rombongan menuju Muara Banta, Kelurahan Kandangan Kota, yakni ziarah ke makam pendiri Kabupaten HSS H Darham Hidayat, yang juga merupakan orangtua dari Bupati HSS saat ini.

Kemudian ziarah ?ke makam Saidul Hudarie, yang merupakan Bupati HSS periode 1993-1998 dan 1998-2003, di alkah keluarga Jalan Kapten F Piere Tendean Kelurahan Jambu Hilir. Kemudian menuju Jalan Bukhari Desa Amawang Kanan, ziarah ke makam Asnawi Jumberi yang merupakan mantan Sekda dan Ketua Korpri Kabupaten HSS.

Selanjutnya ziarah ke makam A Gafuri, yang merupakan Bupati HSS Periode 1983-1988, di Jalan A Yani Kelurahan Kandangan Barat. Dilanjutkan lagi ke makam mantan Bupati HSS ?Muhammad Arlan, di jalan Timbuk Kecil Desa Gambah Luar.

Terakhir, ke Kuburan Muslimin Telaga Mas Jalan Merdeka, Kelurahan Kandangan Kota, ziarah ke makam M A Yunanie yang merupakan mantan Sekda Kabupaten HSS.

Berita Lainnya
1 dari 339

Pelaksanaan ziarah tersebut, di tiap makam dilakukan doa bersama yang dipimpin Ketua MUI Kabupaten HSS TGH Riduan Baseri, yang bergantian dengan KH Muchyar Dahri.

“Alhamdulillah, hari ini menjelang hari jadi ke-70 Kabupaten HSS kita kembali bisa melaksanakan ziarah ke makam mantan bupati, pendiri Kabupaten dan Sekda yang makam nya ada di Kabupaten HSS,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry, usai ziarah itu.

Ia berharap tradisi ziarah itu, bisa terus dipertahankan di masa yang akan datang.

Dijelaskannya, hal itu dilakukan untuk penghormatan sekaligus mendoakan. “Mudah-mudahan jasa-jasa mereka selama ini, untuk Kabupaten HSS menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT,” tutur Achmad Fikry.

Ia mengatakan, dipanjatkan doa bukan hanya untuk yang dimakamkan di Kabupaten HSS. Namun, juga untuk semua yang telah memberikan darma bakti yang luar biasa untuk kemajuan di Kabupaten HSS.

“Inilah mungkin salah satu bentuk penghormatan kami, sebagai generasi penerus menjelang peringatan hari jadi Kabupaten,” terangnya.

Diharapkannya, dilakukan ziarah itu menjadi pendorong generasi penerus, dalam melanjutkan cita-cita dan perjuangan-perjuangan para pendahulu. Serta, dapat meneladani pengabdian yang telah dilakukan. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya