KPU Bartim Gandeng Karang Taruna Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Tamiang Layang ,KP – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Barito Timur terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah mendatang.

“Kita menggandeng Karang Taruna Barito Timur untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Ketua KPU Bartim Andy A Gandrung melalui via telepon di Tamiang Layang, Sabtu ( 15/11/2020 )

Partisipasi pemilih yang disasar yakni pemuda di Kabupaten Bartim, dimana jumlahnya dalam daftar pemilih mencapai 58 hingga 62 persen. Selain itu, pemuda memiliki cara tersendiri atau bahasa tersendiri yang mudah dipahaminya dalam penyampaian kepada publik.

Proses peningkatan partisipasi dengan sosialisasi terus dilakukan. Menurutnya, indikator untuk menentukan keberhasilan demokrasi suatu wilayah, ditentukan oleh tingkat partisipasi pemilih.

Berita Lainnya
1 dari 104

Untuk menyasar pemilih pemula sebelumnya pihaknya rutin menggelar sosialisasi langsung ke komunitas-komunitas yang adi di Kabupaten Bartim. Namun, karena masa pandemi COVID-19 seperti saat ini pihaknya harus membuat terobosan baru.

Dengan menggandeng Karang Taruna Bartim diharapkan aktif menyerukan untuk tidak kuatir datang ke TPS dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada Rabu, 9 Desember 2020.

“Selain itu, menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pada pencoblosan nanti. Kita Komisi Pemilihan Umum selaku penyelenggara juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar di Kabupaten Bartim tidak ada kluster pilkada,” tambah Andy.

Selain menyasar kaum muda, KPU Bartim juga gencar melakukan sosialisasi hingga ke pelosok desa yang jauh dan sulit dijangkau karena kondisi geografis. KPU Bartim neminta pemilih untuk mengecek data-datanya apakah sudah terdaftar atau belum, apalagi untuk para pemilih pemula.

“Kita tidak hanya sekedar mengajak masyarakat untuk hadir ke TPS saja, kami juga mengajak masyarakat untuk melindungi hak pilihnya, dengan cara mengecek data diri mereka di situs resmi KPU, apakah sudah terdaftar atau belum,” demikian Andy. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya