PAW Ananda dan Mushafa Tinggal Tunggu Jadwal Banmus

Banjarmasin, KP – Pengisian dua kursi di DPRD Kota Banjarmasin pasca mundurnya Hj Ananda dari Fraksi Partai Golkar dan Mushafa Zakir kini tinggal menunggu penjadwalan dari Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banjarmasin.

Ketua DPRD Banjarmasin H Harry Wijaya menjelaskan proses pengajuan PAW sudah hampir selesai.

Bahkan katanya kepada sejumlah wartawan, Rabu (4/11/2020) Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalsel pengangkatan anggota DPRD Banjarmasin sebagai pengganti Ananda dan Mushafa Zakir sudah diterima pihak dewan.

“Tahapan selanjutnya, sekarang tinggal menunggu rapat Banmus dewan untuk menjaduwalkan kapan rapat paripurna istimewa pelantikan anggota dewan baru sebagai pengganti Ananda dan Mushafa,”ujarnya.

Ditanya pengganti posisi Ananda sebagai Wakil Ketua DPRD, Harry Wijaya mengemukakan sepenuhnya menjadi kewenangan Partai Golkar.

Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan nantinya selain rapat paripurna pengangkatan anggota dewan baru pengganti Ananda dan Mushafa Zakir, pada hari bersamaan dilaksanakan pelantikan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin baru menggantikan posisi jabatan yang ditinggalkan Hj Ananda.

Berita Lainnya
1 dari 1.816

Hj Ananda dan Mushafa Zakir mengharuskan keduanya mundur diri dari anggota DPRD Banjarmasin priode 2019 – 2024 , karena maju sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota.

Berdasar ketentuan UU Pemilu Nomor : 7 Tahun 2017, Penggantian Antar Waktu (PAW) di DPRD, maka calon PAW harus diambil dari daftar calon tetap (DCT) dari partai dan daerah pemilihan yang sama.

Dalam Pemilu 2019 lalu, Hj Ananda mencalonkan diri di dapil Banjarmasin Barat dengan meraih sebanyak 2.768 suara.

Di dapil Banjarmasin Barat., Golkar meraih dua kursi, setelah Ananda, satu kursi direbut Darma Sri Handayani dengan raihan 2.105 suara.

Jika melihat total suara, maka pada urutan peraih suara ketiga adalah Hj Hariyasisar dengan koleksi 1.888 suara yang dipastikan menggantikan Ananda.

Sementara itu, Mushaffa Zakir anggota dewan dari PKS untuk daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Banjarmasin Utara dalam pemilu legislatif 2019 lalu. merebut 2.805 suara pemilih.

Sebagai pengganti, Mushafa Zakir, DPD PKS Kota Banjarmasin mempersiapkan Hendra yang juga Ketua DPD PKS Banjarmasin sebagai pengganti. Pada pemilu legislatif 2019 lalu, Hendra peraih suara kedua dengan jumlah 2.385 pemilih, setelah Mushafa Zakir. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya