Pembangunan Puskesmas Sungai Andai Skala Prioritas 2021

Banjarmasin, KP – Khabar gembira bagi warga Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara. Pasalnya, keinginan agar di kawasan itu memiliki Puskesmas Induk sudah dimasukkan sebagai salah satu skala prioritas dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) APBD 2021.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Banjarmasin. Bambang Yanto Permono mengemukakan, selain pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai, Dinas Kesehatan juga merencanakan memprogramkan rehab tiga buah puskesmas lainnya di Banjarmasin.

” Seluruh proyek pembagunan infrastruktur kesehatan ini kemungkinan dikerjakan dalam satu paket,” ujarnya kepada {KP} Kamis (5/11/2020) kemarin.

Menyinggung anggaran dialokasikan, Bambang Yanto menyebut khusus untuk proyek pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai diperkirakan sekitar Rp 20 miliar.

DPRD Kota Banjarmasin melalui Badan Anggaran ujarnya, setelah KUA/PPAS disepakati akan terus mengawal perencanaan tersebut hingga RAPBD tahun anggaran 2021 disampaikan pihak Pemko kepada dewan untuk dibahas kembali oleh Badan Anggaran Dewan

Bambang menyebut, sesuai ketentuan batas akhir pengesahan RAPBD paling lambat tanggal 30 November atau sebulan sebelum berakhirnya tahun anggaran.

Berita Lainnya
1 dari 1.792

Dikatakan Bambang Yanto, jika lahan untuk pembangunan Puskesmas Induk di Kelurahan Sungai Andai saat ini sudah tersedia yang dihibahkan oleh salah seorang pengembang perumahan kepada Pemko.

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali mengemukakan, perencanaan pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai sudah masuk dalam data base tahun 2020 saat dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Banjarmasin.

“Dari kegiatan Musrembang antara legislatif dan eksekutif akhirnya sepakat pembangunan Puskesmas Sungai Andai diprioritaskan dan masuk database pada tahun 2020,” ujarnya.

Matnor Ali mengakui sebelumnya, rencana pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai sempat beberapa kali tertunda. Namun kembali diprioritaskan dan ditargetkan terealisasi di tahun 2021.

“Di Musrembang perencanaan pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai ini sudah masuk data base 2020 dan Insya Allah realisasinya di tahun 2021. Komisi IV sendiri akan terus mengawal dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan ini,” katanya.

Matnor Ali mengemukakan, penduduk Kelurahan Sungai Andai tercatat mencapai sekitar 17 ribu jiwa, sehingga sudah saatnya kelurahan hasil pemekaran yang berada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara itu tersedia fasilitas, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang memadai seperti Puskesmas Induk. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya