PODSI Kalsel ingin pertahankan
Tradisi atlet di Tim Dayung nasional

PODSI Kalsel seleksi pedayung untuuk mengikuti seleksi nasional Tim Dayung Indonesia ke SEA Games 2021 di Vietnam.

Banjarmasin, KP – PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan seleksi atlet yang akan mengikuti Seleknas (Seleksi Nasional) menuju SEA Games 2021 di Vietnam.

‘’Dayung Kalsel berupaya mempertahankan tradisi yang sudah berlangsung beberapa priode, tetap memiliki wakil dalam tim dayung Indonesia yang berlaga di ajang internasional,’’ kata Sekretaris Podsi Kalsel Donny Wiryawan, Rabu (18/11/2020).

Sebanyak 100 pedayung dari berbagai daerah berkumpul di sekretariat Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalsel di Pinggir sungai Awang Komplek Mandiri Lestari Banjarmasin sejak beberapa hari terakhir.

Mereka datang berebut 10 tempat untuk terpilih menjalani ajang seleksi nasional (Seleknas) Dayung dalam rangka persiapan menuju SEA Games 2021 di Vietnam akhir November ini.

Sekretaris Podsi yang juga Pelatih Dayung Kalsel, Donny Wirawan Achdiyat mengatakan hampir seluruh cabang POdsi di kabupaten kota mengirimkan wakilnya untuk ikut seleksi.

“Seleksi digelar sejak beberapa hari lalu dan berakhir pada Senin sore kemarin,” kata Sekretaris PODSi Kalsel ini Rabu pagi, disela mendampingi para pedayung bermain bola di lapangan Upik Mini soccer Banua Anyar.

Seleksi atlet menuju Seleknas ini langsung dipantau ketua PODSI Kalsel Achdiyat Sugian dan jajara pelatih dayung Kalsel.

Berita Lainnya

Borneo bantai Sidoarjo FC

1 dari 270

“Untuk hasil kita sudah menemukan beberapa, namun untuk pengumumannya kita tunggu saja setelah keberangkatan nanti” kata Donny.

Dalam seleksi ini sejumlah tes dilakukan oleh PODSI Kalsel mulai dari indurance, beban dan perahu kecepatan.

Rencananya akan dipilih lima pedayung putra dan lima pedayung putri untuk ikut Seleknas di di Waduk Jatiluhur, Karawang dan Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat pada 21 November hingga 2 Desember nanti.

Ada beberapa nomor yang dipertandingkan dalam seleksi menuju Seleknas ini yakni Cano dan kayak.

Bagaimana soal target di Seleknas nanti, Donny berharap tradisi dayung untuk tetap mengirimkan wakilnya di di ajang nasional bisa terus dipenuhi setiap tahunnya.

“Kita kan memiliki tradisi selalu bisa mengirimkan atlet dayung di nasional untuk berlaga di ajang internasional dan diharapkan juga ini bisa meneruskan tradisi itu,” ujar Donny.

Pada perhelatan SEA Games 2021 mendatang, ada 16 nomor untuk nomor canoing dan rowing. Dan, hingga saat ini, hanya ada sembilan atlet yang tergabung dalam pelatnas. Mereka sedang fokus persiapan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Tahun lalu, dalam SEA Games 2019 di Filipina, rowing berhasil menyumbangkan 3 emas dan 2 perunggu. Untuk kategori kano, mereka menyumbang 7 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Tim dayung SEA Games 2021 memang memerlukan banyak atlet. Dia memperkirakan butuh lebih dari 20 atlet. Mereka akan terjun pada nomor individu dan beregu, pungkas Donny. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya