PSHT Dominasi Kejurkab Pencak Silat

Marabahan, KP – Pelaksanaan kejuaraan antar pesilat tingkat dewasa se kabupaten Barito Kuala tahun 2020, yang dilaksanakan dari tanggal 7 – 8 November 2020 di Aula Kantor Kementrian Agama kab. Batola berjalan lancar dan tertib, dan berhasil menyeleksi atlet pencak silat di setiap kategori kelas tanding diantaranya kelas A – J putra dan putri.

Sementara untuk kategori tunggal Putra berhasil di rebut oleh Syahrul Ramadhan dari perguruan PS. Batu Habang, sedang kategori tunggal putri di rebut oleh  Mawaddah dari perguruan PSHT. Sedangkan untuk kategori Ganda Putra, Beregu Putra dan Beregu Putri disabet oleh perguruan PS Batu Habang. Sekitar 160 orang pesilat yang ikut dalam ajang seleksi Porprov Batola disemua kategori kelas tanding maupun TGR (Tunggal Ganda & Regu).

Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah perguruan yang mendominasi disetiap kategori kelas dengan menyabet 8 kategori kelas berbeda sebagai juara 1. Diperingkat 2 Batu Habang dengan perolehan 5 medali juara 1 dan Persinas Asad dengan 4 medali juara 1. Sedangkan IKSPI Kera Sakti, Keris Samudra dan Macan Kumbang menempatkan 1 perwakilan dengan membawa juara 1 dikelas berbeda.

Menurut ketua pelaksanana kejurkab batola tahun 2020 Rudi Rianto, SE  kegiatan kejuaraan pencak silat tingkat dewasa ini sebagai ajang seleksi proprov di Kandangan HSS.

“Kami menyeleksi atlet disetiap kategori kelasnya dr seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Barito kuala. dan sebanyak 15 perguruan Pencak Silat di Kab. Barito Kuala yang ikut ambil bagian pada kejuaraan ini” terang Rudi Rianto, kemarin di Marabahan.

Berita Lainnya
1 dari 196

Secara terpisah, ketua umum IPSI Batola Anwar Hadimi, MPd juga berharap, Batola akan lebih baik lagi kedepannya dan mampu menciptakan atlet yang berprestasi diajang yang lebih tinggi, tidak lagi sebagai kuda hitam di setiap ajang/event kejuaraan pencak silat. cetus mantan atlet pencak silat terbaik Batola ini. Kejuaraan ini juga dihadiri langsug oleh sekretaris umum IPSI Provinsi Kalimantan Selatan, yang sengaja datang untuk memberikan dukungan dan support kepada atlet yang ada di Batola. menurutnya, Batola memiliki prospek dan kualitas bagus kedepannya dan tidak kalah dengan kabupaten lainnya.  juga ditambahkan siap untuk membantu perkembangan silat di kabupaten Barito Kuala, dengan tetap selalu berkoordinasi dan memperbanyak jam terbang para atlet khususnya di Batola, antara lain menambah even atau kejuaraan pencak silat itu sendiri. Tak lupa pula beliau juga menyampiakan salam dr Ketua umum IPSI Provinsi Kalsel H. Sahbirin Noor atau dikenal Paman Birin yang berhalangan hadir karena ada kesibukan lain.

“Tetap semangat, tetap jaga sportifitas & tetap menjunjung tinggi nilai luhur pencak silat di Batola, agar selalu tetap tercipta situasi yang kondusif, aman dan damai khususnya di wilayah Barito Kuala seperti yg sudah tercipta selama ini,” pungkasnya.

Kejuaraan pencak silat tingkat dewasa antar perguruan se kabupaten Barito Kuala (KEJURKAB BATOLA 2020) ini juga mendatangkan wasit Juri dari luar daerah seperti Kota Banjarmasin, Kab. Banjar, Kab. Tanah Bumbu dan Pengprov IPSI Kalsel yang sudah memiliki lisensi Kelas Nasional dan Provinsi/Daerah, dikarenakan masih kurangnya wasit Juri yang ada di Batola sehingga kedepannya berencana akan melaksanakan penataran khusus wasit juri yg bersertifikat minimal tingkat Kabupaten, agar kedepannya bisa melaksanakan kejuaraan yang lebih banyak lagi.

Kegiatan ini jg tidak lepas dari protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah dengan tidak adanya supporter atau penonton yang diperbolehkan masuk ke dalam aula/gelanggang selain panitia dan official yg bertanding, juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua panitia pertandingan yang telah bekerja keras sehingga acara ini berjalan lancar,begitu juga kepada Gugus Tugas Covid 19 Batola yang sdh memberikan rekomendasi untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Khusus untuk Bapak Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor, ST yang sudah mendukung dan mensupport kegiatan ini” ucap Rudi yang juga Wasit Juri Pencak Silat andalan Barito Kuala ini. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya