Puluhan Perempuan Daha Barat HSS Ikuti IVA dan Sadanis 

Kandangan, KP – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Isnaniah meninjau pelaksanaan inspeksi visual asam asetat (IVA) dan periksa payudara secara klinis (Sadanis) di Kecamatan Daha Barat, Senin (2/11/2020).

Pemeriksaan itu, dilakukan tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Puskesmas Bajayau. IVA dan Sadanis yang dilakukan di Puskesmas Bajayaw, Desa Bajayaw itu, merupakan giliran terakhir ditinjau Isnaniah pada tahun ini. 

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS Srie Astuti beserta anggota, turut mendampingi dalam peninjauan itu. 

Ketua TP PKK Kecamatan Daha Barat Husnul Khatimah mengatakan, pemeriksaan diikuti perempuan dari perwakilan seluruh desa se-Kecamatan Daha Barat yang berjumlah sebanyak 44 orang.

Berita Lainnya
1 dari 351

“Semoga, ke depan makin banyak wanita Indonesia di usia produktif tetap sehat. Dijauhkan dari penyakit kanker payudara dan kanker rahim,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah mengatakan, IVA dan Sadanis dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini ujarnya, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, sebab adanya pandemi Covid-19 ini. 

“Alhamdulillah, kita tahun ini masih bisa melaksanakan IVA dan Sadanis,” ucap istri Bupati HSS Achmad Fikry itu. 

Isnaniah menjelaskan, IVA dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks. Hal itu, hanya bisa dilakukan dokter kandungan atau tenaga kesehatan berkompeten, agar penegakan diagnosisnya tidak keliru. Sedangkan Sadanis tambahnya, dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih. 

Kedua pemeriksaan itu dilakukan, untuk deteksi dini terhadap kanker leher rahim. Isnaniah berharap, pelaksanaan IVA Sadanis itu dilakukan tiap tahun, para wanita bisa terhindar dari kanker payudara dan kanker rahim. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya