Upaya Pulihkan Ekonomi Dimasa Pandemi
Tapin Luncurkan Program Padat Karya Tunai

Rantau, KP – Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tapin memprogramkan padat karya tunai di 11 (sebelas) Desa wilayah Tapin.

kegiatan program padat karya tunai secara simbolis digelar perdana dengan menyerahkan sejumlah bantuan peralatan kerja bakti, Bertempat di Danau Desa Hatiwin Kecamatan HatiwinKamis (18/11/2020).

Sebelas 11 menerima PKT yaitu Desa Hatiwin, Puncak Harapan, Bataratat, Parandakan, Lokpaikat, Bitahan Baru, Sukaramai, PK Hulu, Pematangkarangan, Desa Sungai Rutas Hulu dan Sungai Rutas.

Kegiatan dibukalangsungoleh Bupati Tapin HM.Arifin Arpan dengan dihadiri Kepala Dinas PMD Rahmadi, Camat Tapin Selatan Reza Alghifari, Muspika Kec Tapin Selatan dan Kepala Desa.

Kepala Dinas PMD Tapin, Rahmadi melaporkan tujuan program padat karya tunai tidak lain untuk mempertahankan daya beli masyarakat terutama di pedesaan.

“Program padat karya tunai ini pendistribusian dana pembangunan ke desa-desa, ” tuturnya.

Apalagi menurutnya, akibat pandemi Covid-19, ekonomi ikut terdampak, untuk itulah program padat karya tunai ini sebagai upaya dalam membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di daerah yang terimbas wabah covid 19.

Berita Lainnya
1 dari 181

“Diharapkan adanya kegiatan padat karya ini masyarakat dapat terbantu ekonomi rumah tangganya,” jelasnya.

Kegiatan padat karya tunai inimembersihkan sungai, parit jalan,embungdesa, drainase dan pengecatan langgar.

Adapun biaya padat karya tunai bersumber dari APBN dalam bentuk Dana Insentif Daerah Periode III Tahun 2020 dimana dinas PMD mengelola dana sebesar Rp632.676.000,-

Menurut Bupati Tapin, M Arifin Arpan, Kegiatan padat karya tunai ini merupakan salah satu program pemerintah daerah dalamupaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 ini.

Ia menjelaskan, dipilihnya Desa Hatiwin ini karena ada destinasi wisata berupa danau untuk bisa ditata menjadi lebih baik.

“Kegiatannya gotong royong bersama warga masyarakat setempat yaitu membersihkan Danau Hatiwin untuk menjadi lebih baik,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap warga Desa yang mendapatkan program padat karya tunai dapat memanfaatkan sebaik mungkin, sehingga hasilnya dapat dinikmati bersama-sama.

“Semoga Danau Hatiwin inisemakinberkembangdan menjadi objek wisata yang mampumenarikbanyakwisatawan di Kabupaten Tapin,” harapnya. (ari/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya