Bank Kalsel Gandeng BUMDes Guna Tingkatkan Pelayanan di Daerah

Banjarmasin, KP – Sebagai bentuk meningkatkan layanan perbankan di daerah, terutama untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat hingga ke desa-desa, Bank Kalsel dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tapin bersepakat sekaligus menuangkannya dalam bentuk perjanjian kerjasama (PKS).


Kerjasama yang dilakukan adalah berupa perluasan kemudahan penerimaan akses layanan jasa Bank Kalsel melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Kabupaten Tapin.


Kerjasama tersebut diejawantahkan dalam penandatangan MoU (​Memorandum of Understanding)​ Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan BUMDes dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin, yang dalam hal ini dilakukan oleh Bupati Kabupaten Tapin, H.M. Arifin Arpan dan Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, H. IGK Prasetya.


Menyusul kemudian penandatanganan PKS yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapin, ​Rahmadi; Kepala Bank Kalsel Cabang Rantau, Izhar; Camat Lokpaikat, Retno Dwi Hastuti; dan seluruh BUMDes se- Kabupaten Tapin yang diwakili oleh ​Manager ​Operasional BUMDes Makmur Jaya Abadi Sentosa, Dani Hasbulah.


Turut menyaksikan Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan; Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin; serta para Camat se-Kabupaten Tapin (Selasa 8/12).
Bupati Kabupaten Tapin, Arifin Arpan menyampaikan bahwa dengan adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Bank Kalsel, diharapkan mampu mendukung peningkatkan inovasi dari segi produk unggulan BUMDes maupun teknologi tepat guna, dimana sinergi ini juga akan memudahkan transaksi bagi masyarakat di tiap desa.

“Dengan seluruh kerjasama ini tentu dapat memaksimalkan pendanaan pemetaan ekonomi desa dari pemerintah yang dicanangkan pada tahun 2021, yang mana hal ini akan semakin mempermudah bagi pembangunan desa.

Berita Lainnya
1 dari 1.016


Selain itu, dengan adanya sinergi antara Bank Kalsel, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tapin, bersama dengan pendamping desa, harapannya inovasi di desa dapat semakin meningkat guna mendukung pembangunan ekonomi daerah,” ungkap Arifin.

Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap desa memiliki badan usaha yang dikelola oleh pemerintah desa atau lebih dikenal dengan sebutan BUMDes. BUMDes sendiri memiliki tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara mengelola potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang mana kemudian BUMDes ini menjadi salah satu sumber ekonomi desa.

Sebagai informasi, jumlah desa di Kabupaten Tapin ialah sebanyak 126 Desa, yang tersebar di 12 Kecamatan. Atas hal tersebut, Bank Kalsel gandeng BUMDes untuk menjadi mitra ​bagi Bank Kalsel untuk memberikan layanan jasa keuangan di lokasi-lokasi yang tidak tersentuh jaringan kantor Bank Kalsel, khususnya di desa atau kecamatan.


Adapun sistem yang digunakan sama dengan sistem PPOB (​Payment Point Online Bank)​ yang saat ini telah diimplementasikan di seluruh ​payment point​ Bank Kalsel dengan menggunakan jaringan internet.


Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, H. IGK Prasetya menuturkan bahwa dengan adanya kerjasama dengan BUMDes se – Kabupaten Tapin dipercaya akan semakin mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, tentunya mampu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan bagi seluruh nasabah Bank Kalsel.

“Penandatanganan MoU dengan BUMDes merupakan wujud komitmen kami meningkatkan kinerja dan kualitas layanan Bank Kalsel, dimana kerjasama yang berbasis PPOB ini akan menjadi perpanjangan tangan Bank Kalsel di wilayah desa. Selain mempermudah akses perbankan bagi masyarakat desa, pengembangan BUMDes ini juga upaya kami untuk mendukung pelaksanaan pembangunan perekonomian desa, khususnya di Kabupaten Tapin.


Semoga sinergi ini berjalan dengan baik dan kami akan selalu berupaya memberikan layanan terbaik bagi pemerintah, masyarakat, maupun nasabah setia Bank Kalsel,” pungkas Prasetya.
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan ​reward ​program Geprek Pedas (Gerakan Pembangunan Pengembangan Perekonomian Pedesaan) dari Pemerintah Kabupaten Tapin kepada para BUMDes beserta pendamping desa se-Kabupaten Tapin. Secara simbolis penghargaan diserahkan oleh Bupati Kabupaten Tapin, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas PMD Kabupaten Tapin, Direktur Kepatuhan Bank Kalsel dan Kepala Bank Kalsel Cabang Rantau kepada masing-masing peraih penghargaan, baik itu untuk Lomba BUMDes terbaik; Lomba Penerapan Teknologi Tepat Guna; maupun Lomba Pendamping Terbaik. Program Geprek Pedas merupakan kerjasama Dinas PMD Kabupaten Tapin dan Bank Kalsel, serta beberapa perusahaan di Kabupaten Tapin.

Dukungan ini semakin mempertegas posisi Bank Kalsel untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, sesuai ​tagline Bank Kalsel “Setia Melayani, Melaju Bersama.” (ADV/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya