Hari Ibu ke-92
TP PKK Balangan Gelar Rapid Test Gratis Khusus Perempuan

Paringin, KP  – Dalam rangka meperingati Hari Ibu ke-92 Tahun 2020, tim penggerak PKK kabupaten Balangan menyelenggarakan rapid test gratis yang diperuntukkan bagi kaum perempuan.

Rapid test gratis untuk deteksi dini penularan Covid-19 itu dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Balangan, Kamis (17/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten III Bagian Administrasi Umum, Hj Hasmiati, Wakil Ketua Pokja IV TP PKK Balangan, Hj Ainun Faridah SKM dan pengurus PKK Kabupaten Balangan dan PKK Kecamatan se kabupaten Balangan.

Asisten III Bagian Administrasi Umum, Hj Hasmiati, menyampaikan kegiatan rapid tes ini harus terus dilakukan guna memerangi Covid-19. Terutama bagi ibu-ibu PKK karena mereka merupakan ujung tombak utama.

PESERTA – Rapid tes siap diperiksa. (KP/Ist)

“Ibu PKK merupakan emak-emak yang full power, mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota mereka selalu aktif membantu pemerintah,” ujar Hasmiati dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa program seperti ini sangat berkesinambungan dengan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai kita menggebu-gebu memerangi Covid-19 tetapi kita lalai memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ini tidar benar,” tegasnya.

Berita Lainnya
1 dari 392

Hasmiati mengajak seluruh anggota PKK untuk membantu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat dilingkungan tempat tinggal masing-masing untuk melaksanakan protokol kesehatan, khususnya protokol 3 M ( Memakai Masker, Menjaga Jarak Aman, dan Mencuci Tangan)

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan satu paket protokol kesehatan yang sangat diperlukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19.

“Himbauan ini perlu dipatuhi dan dijalankan secara disiplin” tegasnya lagi.

Sementara, Wakil Ketua Pokja IV TP PKK Balangan, Hj Ainun Faridah SKM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program TP PKK Pusat yang diselenggarakan serentak mulai tanggal 14 Desember hingga 18 Desember 2020.

Ainun menambahkan, kegiatan rapid test gratis bagi kaum perempuan ini merupakan wujud kepedulian TP PKK pusat dalam menyukseskan program pemerintah yang saat ini tengah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami di daerah sangat mendukung kegiatan ini karena sejalan dengan upaya percepatan penanganan Covid-19 secara terpadu dan menyeluruh,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa rapid test gratis diikuti 100 orang peserta dari jajaran pengurus PKK kabupaten dan kecamatan. Dalam melaksanakan rapid test gratis, TP PKK Balangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Selain itu, pihaknya berharap bahwa pelaksanaan rapid test gratis ini dapat membantu pemerintah dalam memperluas cakupan deteksi dini penyebaran Covid-19, sehingga upaya antisipasi bisa segera dilakukan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya menekan angka penularan Covid-19 di kalangan perempuan. Adapun kegiatan rapid test gratis ini ditindaklanjuti dengan tes swab, apabila ada yang didapati hasilnya reaktif

“Kita bersyukur kerjasama dan kolaborasi bersama Pemerintah Daerah kabupaten Balangan sangat mendukung kegiatan kerjasama Tim Penggerak PKK untuk kegiatan rapid test gratis ini. Jadi kegiatan ini diselenggarakan oleh TP PKK se-Indonesia dari tanggal 14 Desember hingga 18 Desember 2020,” imbuh Wakil Ketua Pokja IV, Hj Ainun Farida. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya