Jelang Pemungutan Suara, Digelar Apel Peregesaran Pasukan Pam TPS

BUPATI HSU - Memberikan sambutan dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pam TPS. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs H Abdul Wahid MM MSi pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pam TPS Polres HSU dalam Rangka Pengamanan Tahap Pungut dan Hitung Suara Pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020, Senin (7/12/2020).

Pada pelaksanaan apel yang di langsungkan di Halaman Mapolres HSU tersebut, bupati didampingi Waka Polres HSU Kompol Irwan S.ST SH, Dandim 1001 Amuntai – Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, SIP, M Trh, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSU Rina Mei Saputri, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) HSU, Drs Syardani.

Adapun anggota peserta Apel terdiri dari satu Pleton TNI Kodim Amuntai – Balangan, satu Pleton Brimob (BKO Polda Kalsel), satu Pleton Dalmas Polres HSU, empat Pleton Pers PAM TPS Polres HSU dengan jumalh 136 orang, satu Peleton Sat Pol PP dan Damkar HSU, satu Pleton Dinas Perhubungan HSU, satu Pleton Linmas HSU.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan menyambut baik kepada jajaran Polres HSU atas terlaksananya Apel pada hari ini.

Pelaksanaan apel yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan personil guna saling mengetahui sejauh mana jalinan komunikasi satu sama lain sebagai personil petugas Pam TPS, baik TNI, Polri, Linmas, PPK, serta KPPS,.

Begitu pula Apel ini bertujuan pengecekan kesiapan petugas pam pada tiap-tiap TPS, pengecekan kelengkapan seragam petugas keamanan/ linmas serta menjelaskan hak dan kewajiban petugas sebelum diterjunkan ke lapangan dengan harapan semua perencanaan konsep pola pengamanan pada saat pemungutan suara di tps yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan baik.

Bupati Wahid menyampaikan adapun tujuan yang tak kalah penting juga termasuk mengingatkan agar semua pasukan pengamanan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara baik dan ketat.

Mengingat pilkada serentak 2020 dilaksanakan disaat kita sedang menghadapi pandemi covid-19, sehingga kita harus tetap memperhatikan dan menerapkan serta memberikan contoh dalam penerapan protokol kesehatan covid-19, lanjut Wahid.

Apel kesiapan pengamanan Pilkada gubernur dan wakil gubernur ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan masyarakat untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pilkada gubernur dan wakil gubernur tahun 2020, kepercayaan ini harus kita jawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati, yang diwujudkan dengan keseriusan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, sehingga rasa aman yang menjadi dambaan seluruh warga masyarakat betul – betul dapat kita wujudkan.

Berita Lainnya

Lensa Foto HSU

1 dari 335

Pada kesempatan itu, bupati juga berpesan dalam sambutannya agar menjaga netralitas, khususnya selama pengamanan di TPS, perkokoh kerja sama dan koordinasi dengan seluruh penyelenggara Pilkada.

Sementara Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H yang sedang mengikuti kegiatan rangkaian Operasi Mantap Praja (OMP) Intan Pilgub Kalsel bersama Kapolda Kalsel, melalui Wakapolres HSU KOMPOL Irwan, S.ST,S.H menyampaikan dalam upaya mewujudkan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Pilkada nanti melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprenhensif, mengarahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara KPU, Bawaslu, TNI, dan masyarakat serta mitra keamanan lainnya.

“Agar pesta demokrasi Pilgub Kalsel di daerah Hukum Polres HSU 2020 dapat berlangsung aman, jujur, adil, demokratis dan aman dari penyebaran Covid-19”, ungkap Waka.

Segala potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan pilkada 2020, lanjutnya.

Berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat terjadi dalam setiap tahapan pilkada berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum dan munculnya klaster baru Covid-19.

“Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan Pilkada 2020 tersebut, saya perintahkan kepada seluruh jajaran, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik-baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi Kamtibmas yang aman kondusif dan sehat”, ungkapnya.

Dengan melaksanakan tugas sebaik-baiknya diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkada tahun 2020. Serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya.

“Saya tegaskan agar seluruh personel Polri tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu, dalam memberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian lainnya, selama berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada”, pesan Waka.

Selesai pelaksanaan Apel langsung dilaksanakan Pelepasan Pers Pam TPS menuju Lokasi Pam masing-masing sesuai dengan Surat Perintah Kapolres HSU. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya