Pemkab HST Gelar Kegiatan Asistensi Implementasi SAKIP

Barabai, KP – Bupati HST H A Chairansyah membuka secara resmi kegiatan Asistensi Implementasi SAKIP sekaligus Penyerahan Laporan tindak lanjut atas hasil Evaluasi SAKIP Pemkab HST Tahun 2020, dengan Narasumber Plt Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan kebijakan dan evaluasi reformasi birokrasi, akuntabilitas aparatur dan pengawasan II Kementerian PAN dan RB dra. Endang Purwaningsih, hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Penghubung Prov Kalsel, Pj Sekda Kab HST, Asisten III HST dan Undangan lainnya, bertempat di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Prov Kalsel Jakarta Pusat, Sabtu 28/11/2020.

Asisten Administrasi Umum H Ehwan Rijani selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah mewujudkan kesamaan persepsi mengenai penerapan SAKIP di lingkungan Pemkab HST dan mendapatkan saran perbaikan dari Kementerian PAN dan RB dalam rangka perbaikan implementasi SAKIP di Pemkab HST sehingga dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya meningkatkan nilai SAKIP pada Pemkab HST.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 27 – 28 November 2020 dengan Peserta berjumlah 36 orang terdiri dari Tim Asistensi SAKIP Pemkab HST dan Kepala Perangkat Daerah Kab HST bersama dengan Pejabat yang menangani Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya Bupati HST H A Chairansyah menyampaikan penyampaian hasil evaluasi AKIP merupakan salah satu upaya membangun sistem manajemen pemerintahan yang berfokus pada peningkatan akuntabilitas sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcame) sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 29 Tahun 2014 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Berita Lainnya
1 dari 498

Laporan ini merupakan upaya dalam memenuhi target pencapaian RPJMD Tahun 2016 – 2021 dimana menunjukkan komitmen Pimpinan dalam implementasi SAKIP di daerah sekaligus asistensi penerapan SAKIP di  Kab HST dalam rangka menuju arah perbaikan ke depannya.

Selanjutnya H A Chairansyah mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memicu spirit dalam melaksanakan tugas yang berkualitas dan dapat mendorong pencapaian target visi misi Kab HST, kegiatan ini merupakan bentuk reward atas pencapaian kinerja yang diperoleh melalui hasil evaluasi AKIP OPD.

Dari hasil evaluasi AKIP HST Tahun 2019 mengalami peningkatan dibanding Tahun 2018, hasil evaluasi AKIP Tahun 2019 yang diterima di Bali pada tanggal 27 Januari 2020 Kab HST mendapat nila 63,9 dengan kategori B meningkat dibanding nilai pada Tahun 2018 yaitu 57,87 dengan kategori CC, hasil yang diraih merupakan peran dan komitmen kita semua serta sinergitas seluruh perangkat Daerah. Tentunya menjadi harapan kita bersama bahwa penerapan SAKIP pada Pemerintah Kab HST akan mengalami perbaikan dari Tahun keTahun yang ditandai salah satunya dengan peningkatan nilai hasil evaluasi.

Semua dapat meningkatkan komitmen untuk lebih serius lagi dalam memenuhi unsur-unsur formalitas atau pemenuhan dokumen dan ketentuan lainya serta meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memastikan sasaran strategis yang jelas dan berorientasi hasil, ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta program dan kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan.

“Mari terus melaksanakan perbaikan dan penyempurnaan baik dari segi instrumen sistem AKIP maupun pemahaman yang mendalam  oleh aparatur pelaksana terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga kita dapat menunjukkan hasil yang lebih baik dalam sistem manajemen penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat merasakan fungsi pemerintahan baik dalam bentuk pelayanan maupun dorongan dalam pembinaan kemasyarakatan,” tutup Bupati. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya