Rakor dan Workshop Binpres KONI
Terapkan Pendekatan psikologis Untuk atlet yang tampil di PON

KONI Kalsel melalui Bidang Pembinaan Prestasi, akan menerapkan pendekatan psikologis untuk atlet banua yang akan tampil di PON XX Papua.

Wakabid Binpres, Muchlis M. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Provinsi Kalimantan Selatan, akan menerapkan pendekatan psikologis kepada para atlet banua, yang akan berlaga di PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Papua tahun 2021.

Keberhasilan seorang atlet dalam menggapai prestasi, tak luput dari pembinaan dan gemblengan yang matang. Tak sekadar fisik dan teknik, penggemblengan secara psikologis juga mutlak diperlukan.

Hal inilah yang ditekankan oleh bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Binpres KONI) Kalsel dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Workshop Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kalsel di Hotel Roditha Banjarmasin, selama dua hari Jumat dan Sabtu (18-19/12/2020). Ketua Bidang Binpres KONI Kalsel, Gusti Perdana Kesuma menuturkan pendekatan psikologis juga jadi kunci keberhasilan para atlet dalam meraih prestasi.

Berita Lainnya
1 dari 304

“Fisik dan teknik sudah matang dengan berbagai program latihan, namun hal itu tak akan sempurna apabila kondisi psikologis atlet labil. Hal ini akan mengurangi konsentrasi atlet dalam menjalani pertandingan,” sebut pria yang akrab disapa Dana ini di hadapan para peserta kegiatan tersebut.

Dana menambahkan untuk menciptakan kondisi psikologis yang stabil kepada para atlet, maka diperlukan pendekatan emosional dari pelatih. “Hubungan yang solid antara pelatih dan atlet, akan memberikan motivasi kuat bagi si atlet untuk meraih prestasi. Selain itu, mereka juga akan semakin patuh dengan instruksi pelatih,” sambungnya.

Pendekatan psikologis ini nantinya juga akan diterapkan kepada para atlet Kalsel yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. “Sebisa mungkin, atlet jangan sampai hilang fokus menjelang pertandingan. Ini sangat menentukan keberhasilan mereka dalam mencapai target yang dicanangkan, yakni menjadi juara,” ingatnya.

Kegiatan Rakor dan Workshop Bidang Binpres KONI Kalsel 2020 tersebut dibuka oleh Sekretaris Umum KONI Kalsel, Enly Hadiyanoor. Pesertanya adalah perwakilan KONI Kabupaten/Kota se-Kalsel, serta perwakilan cabor prestasi yang ada di Kalsel. “Saya harap, melalui kegiatan ini, KONI Kabupaten/Kota maupun masing-masing cabor prestasi, akan semakin maksimal dalam mencetak atlet berprestasi. Tentunya, untuk mengharumkan nama Kalsel di kancah nasional maupun internasional,”pungkas Enly Hadiannoor.

Wakabid Binpres KONI Kalsel, Muchlis Muhktar melaporkan, kegiatan Rakor dan Workshop Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kalsel, yang berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu, diikuti 13 utusan dari Binpres KONI Kabupaten/Kota, dan25 Binpres Pengprov Cabor. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya