Bupati HSS Buka Musrenbang Kecamatan Kalumpang Secara Daring

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Ahmad Fikry membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Kecamatan Kalumpang, Rabu (20/1/2021) secara daring dari Ruang Media Center Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS. 

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Kepala Bapelitbangda M Arlian Syahrial, dan Kabag Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Setda Ika Aguspiannor turut mendampingi Bupati. 

Musrenbang dilaksanakan secara terbatas, dengan penerapan protokol kesehatan di Aula Kecamatan Kalumpang. 

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, pelaksanaan Musrenbang kali ini berbeda dari sebelumnya, karena memakai gambaran data dari Bapelitbangda tentang kondisi wilayah.  

“Musrenbang secara maksimal menampung usulan masyarakat, baik langsung atau lewat DPRD. Namun semua tentu harus disesuaikan dengan mengacu kepada kemampuan keuangan daerah,” jelasnya. 

Berita Lainnya

HSS Buka Forum Konsultasi Publik

1 dari 424

Ia mengingatkan, paling penting setiap perencanaan harus berpayung kepada RPJMD Kabupaten HSS, yang sudah diatur dengan peraturan daerah (Perda).

Bupati Achmad Fikry juga berharap, dalam keterbatasan anggaran dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mengutamakan meningkatkan semangat pembangunan desa, dengan cara menggerakkan ekonomi desa.

Bupati juga berharap dana desa bisa digunakan tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi lebih bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja. 

“Karena bantuan dari pemerintah pusat sendiri dalam waktu dekat akan segera dikurangi, sehingga perlu adanya kebijakan dan kearifan lokal untuk mengatasinya,” terangnya.

Camat Kalumpang Miftahul Ulum menyampaikan, ada 54 usulan yang masuk dari 9 desa pada pra-Musrenbang tanggal 14 Januari 2021 sebelumnya, yang kemudian telah dikerucutkan menjadi 13 usulan.

“Dalam Musrenbang Kecamatan Kalumpang kali ini, telah disusun skala prioritas untuk tahun 2022 berdasarkan hasil musyawarah di tingkat desa,” pungkasnya. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya