Bupati HSS Kunjungi Posko dan Dapur Umum Bencana Alam

Kandangan, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendirikan Posko di Lapangan Basket Lambung Mangkurat Kandangan, dan dapur umum di kantor Dinas Sosial Kabupaten HSS.

Hal itu dilaksanakan besama TNI, Polri dan relawan bencana lainnya untuk membantu masyarakat terdampak air pasang akibat luapan sungai, tanah longsor dan angin puting beliung. Bupati HSS Achmad Fikry melakukan peninjauan ke posko dan dapur umum tersebut, Kamis (14/1/2021).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, masyarakat yang terdampak perlu dukungan untuk makan. Sehingga dapur umum Dinas Sosial disiapkan, termasuk para relawan lain yang juga membantu.

Sebanyak sekitar 3000 lebih nasi bungkus dari Dinas Sosial, Tagana, PMI, Pramuka dan relawan lainnya yang disiapkan untuk makan siang untuk warga terdampak luapan air sungai tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 393

Pada pembagian makanannya, Achmad Fikry berpesan agar jangan sampai nanti tidak merata. Sedangkan seluruh data pesannya, agar dihimpun satu pintu yaitu di Dinas Sosial.

Sesuai dengan data dari BMKG, Kalimantan Selatan berstatus siaga termasuk Kabupaten HSS. Maka Bupati menghimbau masyarakat di bantaran sungai, agar tetap waspada dan bersiaga, karena kemungkinan ini masih akan terjadi.

“Sudah kita perintahkan Camat sampai Desa dan Lurah, RT, RW agar terus memantau perkembangan ini dan segera menginformasikan kepada masyarakat agar bisa lebih waspada” tuturnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten HSS Syamsuddin mengatakan, posko dan dapur umum didirikan akan berdasarkan situasi dan kondisi luapan Sungai Amandit. Jika 6 sampai 7 hari ke depan air sudah turun, maka posko akan segera dihentikan.

“Kita harap, 6 jam kemudian air bisa turun, dan banjir bisa surut,” pungkasnya, mendoakan. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya