Seribu Lebih Vaksin Sinovac Tiba di Balangan

Paringin, KP – Sebanyak 1600 vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China, tiba di Balangan dengan pengawalan ketat dari Satuan Brimob Polda Kalimantan Selatan dan disambut langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Erwan Mega Karya Latif bersama jajaran, di Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (28/01) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Erwan Mega Karya Latif, mengatakan vaksin yang telah diterima sebanyak 1600 Vial ini akan dilakukan untuk dua kali pelaksanaan dan lebih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Erwan juga menyampaikan rencana kedepan pihaknya akan melaksanakan pencanangan vaksinasi perwakilan dari unsur forkopimda dan tokoh masyarakat di hari Sabtu, kemudian pada Minggu – Senin dilaksanakan pendistribusian, dan Selasa pelaksanaan vaksin akan dilakukan di puskesmas.

VAKSIN SINOVAC – Disimpan dalam tempat dan ruangan yang khusus. (KP/Ist)

Sekitar 750 Nakes di Balangan masuk dalam daftar yang siap untuk di vaksin dan vaksin yang sudah diterima ini pun disimpan di salah satu ruang pertemuan yang telah dialih fungsikan sementara.

Berita Lainnya

Disdik Balangan Kembali Usulkan PTM

1 dari 489

“Rencana awal di gudang, tetapi karena pengawasan untuk di gudang kurang jadi kita pindahkan ke lantai atas,” terangnya.

Ia juga menjelaskan syarat bagi yang bisa mendapat vaksin ini salah satunya dilihat dari segi umur, tidak diperuntukkan untuk ibu hamil, tidak diperbolehkan untuk pasien yang pernah terkonfirmasi positif, dan penyakit comorbid lainnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan POM Hulu Sungai Utara (HSU), Bambang Hery Purwanto, menuturkan pihaknya akan melakukan pengawalan terhadap vaksinasi di wilayah Kabupaten Balangan.

“Kami memastikan bahwa vaksin yang ada tetap bermutu dan aman sehingga kami fokus pada penyimpanan dalam vaksin sampai nanti pendistribusiannya ke puskesmas,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk suhu yang tepat bagi penyimpanan vaksin ini yaitu 2 sampai 8 derajat celcius, sehingga vaksin tersebut nantinya pada pelaksanaan tetap memenuhi syarat.

Tak hanya pengawalan, Badan POM HSU bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan juga bekerja sama untuk pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya