Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Usai Diterjang Banjir DLH, Kewalahan Tangani Sampah Tumpukan Sampah

×

Usai Diterjang Banjir DLH, Kewalahan Tangani Sampah Tumpukan Sampah

Sebarkan artikel ini


Banjarmasin, KP – Jajaran petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin mulai kewalahan menangani tumpukan sampah yang membludak di TPS.
Dari hasil pantauan awak media Senin (25/1) siang, sampah di sejumlah TPS tampak meluber ke jalan. Ambil contoh, TPS di pertigaan Jalan Veteran. Yang lokasinya, berada tidak jauh dari Pasar Kuripan.
Tidak hanya itu, di beberapa titik, tumpukan sampah juga terlihat di ruas Jalan Veteran. Bahkan tumpukan sampah sampai meluber hingga ke tengah badan jalan.
Kondisi itu diakui oleh Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki. Ia menilai, kondisi tersebut terjadi lantaran warga yang semula tidak bisa membuang sampah ke TPS karena akses sulit akibat banjir, kini mulai membuang sampahnya ke TPS.
“Puncaknya, sedari kemarin dan hari ini, sampah di TPS jadi over kapasitas,” jelas Marzuki, Senin (25/1) siang.
Menangani hal itu, Marzuki mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan upaya pembersihan, dengan mengerahkan petugas yang masih bisa bekerja untuk lembur.
“Petugas yang bisa bekerja lebih lagi, kami kerahkan. Termasuk enam truk pengangkut sampah juga dikerahkan. Jadi saya harap masyarakat bisa bersabar,” ujarnya.
Pria dengan sapaan Jack itu juga menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya tidak hanya menangani sampah rutinitas yang ada di TPS. Tapi, juga menangani sampah yang ada di lokasi-lokasi di dapur umum alias jemput bola. Khususnya di Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan.
Kemudian, adapun sampah yang menumpuk di TPS hingga meluber ke jalanan, menurutnya tidak hanya berasal dari sampah rumah tangga. Melainkan juga sampah dampak banjir.
Hal itu, lantas dituding menjadi penyebab terjadinya penumpukan sampah di TPS. Bahkan, membludak hingga dua kali lipat dari biasanya.
Untuk itu, ia pun mengimbau agar warga hendaknya tidak membuang sampah non rumah tangga ke TPS terlebih dahulu.
“Tolong dikumpulkan dulu, nanti kami layani dan angkut dengan truk. Jadi tidak mengganggu rutinitas kami di TPS. Pembersihan tetap kami lakukan secara simultan. Tapi mengingat kapasitas kami terbatas, penanganannya pun tidak bisa cepat,” tutupnya.(Zak/KP0-1)

Iklan
Iklan