Dispora Tetap Akan Agendakan Event Olahraga Local

Dispora Kalsel tetap akan mengagendakan beberapa event olahraga local, namun tetap memperhatikan dan mematuhi prokes (protocol kesehatan).

Banjarmasin, KP – Pandemi Covid-19 masih jadi momok menakutkan untuk menggelar kegiatan olahraga di Kalsel. Namun demikian, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan tetap mengagendakan beberapa event olahraga lokal Kalsel. Salah satunya, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel 2021 yang dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi menuturkan, pihaknya menilai Popda Kalsel tetap jadi prioritas event olahraga resmi di Kalsel.

“Tujuan menggelar Popda adalah sebagai pembibitan atlet masa depan Kalsel dari kalangan pelajar. Selain itu, Popda merupakan ajang prestisius bagi para pelajar se-Kalsel untuk berprestasi di bidang olahraga,” sebut Fitri.

Kendati dihantui bayang-bayang Covid-19, Fitri menuturkan gelaran Popda Kalsel setidaknya diprogramkam dulu dari sekarang. “Apakah nanti akan terlaksana atau tertunda, itu akan disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Tentunya sambil memantau urgensinya, kalau memang bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, maka akan kami lanjutkan,” sebutnya.

Untuk gelaran Popda Kalsel 2021, ada sebelas cabang olahraga (cabor) yabg bakal dipertandingkan. Yakni, atletik, dayung, gulat, judo, karate, kempo, panahan, renang, taekwondo, tinju, dan voli pasir.

Berita Lainnya

UMKM Banua Agar Melek Tehnologi

1 dari 325

“Dalam waktu dekat, kami akan berkoordinasi dengan pengurus cabor tersebut untuk memantapkan persiapan pelaksanaan Popda Kalsel 2021. Mudah-mudahan, pandemi Covid-19 segera mereda. Sehingga, pelaksanaan Popda Kalsel 2021 bisa semakin lancar,” kata Fitri Hernadi.

-Apresiasi Kreatifitas

Dispora Kalsel, kata Fitri Hernadi juga sangat mengapresiasi pada cabang olahraga, yang memiliki kreatifitas untuk tetap berupaya meningkatkan prestasi, dengan mengikuti even nasional dan internasional secara virtual.

‘’Apresiasi patut diberikan untuk cabor dari klub maupun perguruan, seperti Lembaga Karate Do Indonesia (Lemkari) Kabupaten Banjar, yang memiliki inisiatif mencari even nasional maupun internasional secara virtual, dan mereka sudah beberapa kali mengikuti dengan menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan,’’ kata Fitri Hernadi.

Alhamdulillah, di tengah² situasi pandemi, ternyata insan olahraga Banua masih bisa berkompetisi secara virtual di tingkat nasional maupun internasional. Apresiasi luar biasa bagi teman-teman yang gigih berkontribusi pada peningkatan prestasi olahraga baik untuk klub atau perguruan maupun kompetisi berjenjang lainnya, lanjutnya.

Pemanfaatan teknologi informasi untuk menyelenggarakan kompetisi merupakan salah satu solusi di tengah keterbatasan dalam penerapan PSBB/PPKM. Dispora meminta kiranya tiap cabang olahraga tetap melanjutkan latihan dan menjaga kebugaran serta tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat setiap kesempatan berlatih, guna menghindari infeksi covid-19 dan tidak menjadi kluster penularan baru.

Perlu diingat, kata Fitri Hernadi bahwa situasi seperti ini tidak hanya terjadi di Banua, atau di Indonesia saja, tetapi seluruh dunia merasakan dampaknya. Cabor yang terlena tidak melakukan latihan karena alasan tidak ada kesempatan untuk berlatih secara konvensional, apalagi meremehkan pelatihan yang terprogram dan kotinyu, dapat dipastikan akan tertinggal dan menurun prestasinya, pungkasnya. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya