Legislator Kapuas Dukung Perkebunan Semangka di Desa Saka Lagun

Kuala Kapuas, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rahmad Jainudin, menyampaikan dukunganya terkait dengan perkebunan Semangka yang ada di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak.

“Saya berharap suatu program yang direalisasikan untuk kepentingan masyarakat secara luas, terutama untuk Desa Saka Lagun, jangan sampai mati suri dan harus dikembangan lagi,” kata Rahmad Jainudin, di Kuala Kapuas, Kamis (11/2).

Karena, menurutnya hal tersebut dinilai merupakan suatu terobosan yang perlu ditunjang untuk pengembangan potensi berupa perkebunan semangka yang sangat menjanjikan tersebut.

“Ini sangat luar biasa sekali, tentunya sangat kita dukung. Dan dinas terkait seperti Dinas Pertanian juga diharapkan menjadi perhatian untuk memberikan sport kepada para petani semangka di desa setempat, agar berjalan dengan baik,” ucap wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV ini.

Sementara itu, Kepala Desa Saka Lagun, Julkipli dmengatakan, untuk kegiatan warga Desa Saka Lagun serta perkembangan perkebunan semangka, ada beberapa tempat dan lokasi perkebunan, yaitu pada Rukun Tetangga (RT) 7 dan 8.

Berita Lainnya
1 dari 185

“Disana terdapat lahan tadah hujan dan setiap tahun mengembangkan budidaya berupa tanaman buah semangka, saat ini sedang panen berada di RT 7 dengan pemilik perkebunan bernama Abdul Hamid, dengan setiap tahun mengembangkan budi daya tersebut,” kata Julkipli.

Dikatakannya, pengembangan perkebunan semangka di Desa Saka Lagun ini, sesuai dengan arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, yang menilai bahwa semangka juga merupakan potensi yang sangat baik, sehingga harus dikembangkan.

Untuk sekali panen, katanya, dapat menghasilkan hampir 5 ton semangka dengan berat buah paling besar yaitu 8 hingga 12 kilogram. Sedangkan untuk pemasaran sendiri, dikirimkan dan dijual ke Wilayah Kabupaten Kapuas, Kota Palangka Raya serta Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tahun 2021 ini, akan ada pengembangan untuk perkebunan semangka dari pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas. Dengan adanya bantuan dari pemerintah tersebut, pihaknya akan berkoordinasi secara langsung tentang rencana tersebut bersama dengan warga, mengenai tempat lahan lokasi yang akan digunakan untuk tempat penanaman.

“Desa Saka Lagun dengan potensi perkebunan semangka yang baik serta warga yang sangat antusias dengan keadaan lokasi wilayah yang tepat, telah setiap tahun menghasilkan semangka. Dengan adanya dukungan pemerintah daerah, diharapkan dapat meningkatkan hasil ataupun produksi perkebunan semangka, sehingga membuat warga semakin lebih giat lagi,” demikian Julkipli. (Al)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya