Pemkab Banjar Gelar Asistensi SAKIP 2021

Martapura, KP – Pemkab Banjar menggelar Asistensi Satuan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara vidcon yang diikuti 52 perangkat daerah lingkup setempat, dipimpin Sekdakab HM Hilman, di Command Center Barokah, Martapura, Rabu (17/2).

Sekda Hilman mengatakan, asistensi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perangkat daerah dalam pengelolaan sistem akuntabilitas pada instansi kerja masing-masing.

“Saat ini masyarakat terus menuntut pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik, sementara sumber daya anggaran dimiliki sangat terbatas, sehingga setiap instansi melakukan efektivitas dan efisiensi dalam birokrasi,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Sikap Tegas Pemkab Banjar Atasi Kelangkaan LPG

1 dari 498

Menurutnya, efisiensi seharusnya dimulai dengan memperbaiki pola pemanfaatan anggaran sejak pertama kali birokrasi perencanaan hasil kinerjanya. Ini sesuai prinsip akuntabilitas berorientasi hasil yang menjadi amanat undang-undang.

“SAKIP mengarahkan birokrasi kita menetapkan program dan kegiatan berdasarkan prioritas dan kebutuhan masyarakat sesuai sasaran pembangunan nasional dan rancangan pembangunan jangka menengah daerah, sasaran strategis tersebut harus disertai ukuran keberhasilan dan target jelas dan terukur,” tambahnya.

Narasumber, yakni Kasubag Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Setdaprov Adhya Priyatna dalam paparannya mengatakan, pencapaian SAKIP ini harus berdasarkan rencana aksi yang berasal dari hasil evaluasi SAKIP untuk langkah-langkah pencapaian selanjutnya.

“Melalui reformasi birokrasi ini, diharap pemerintah tidak lagi berorientasi pada input-input, tapi pada hasil, seperti pencapaian hasil kinerja pada setiap bagian instansi,” katanya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya