Puluhan Ruas Jalan Banjarmasin Rusak Akibat Banjir

Banjarmasin, KP – Banjir di awal tahun 2021 yang menimpa Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarmasin benar-benar berdampak bagi warga.

Selain merusak fasilitas umum dan rumah warga, banjir yang merendam sejak lebih dua pekan lalu ini juga berdampak pada sejumlah ruas jalan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Chandra mengatakan setidaknya ada 46 ruas jalan yang rusak akibat terendam genangan banjir.

Pihaknya mencatat, dari total itu ditemukan di beberapa titik. Seperti di Banjarmasin Utara, Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan.

Berita Lainnya
1 dari 2.411

“Data inj akan kami inventarisir lagi terkait penanganannya. Tentu ini akan ditangani secepatnya,” ucapnya pada awak media melalui sambungan telepon, Rabu (03/02) siang.

Ia menjelaskan, jenis atau level kerusakan pun bervariasi. Mulai dari kerusakan kategori ringan, sedang sampai rusak berat. Misalnya seperti yang ada di kawasan Banjar Indah, Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Jahri Saleh, Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Kemudian ada beberapa ruas jalan lain yang parsial-parsial lainnya,” ujarnya.

Ia mengaku akan mendata terlebih dahulu jenis kerusakan di 46 titik ruas jalan tersebut. Jika kondisi kerusakan ruas jalan cukup parah, maka pihaknya akan melakukan perbaikan melalui anggaran perubahan nantinya.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Windiasi Kartika menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya telah melakukan penanganan awal soal jalan yang rusak.

“Sementara kita sudah tangani dengan menutupnya pakai batu. Kemudian untuk penanganan jangka panjang, nanti secepatnya akan kita lakukan penambalan,” ujarnya singkat.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya