Rakor Persiapan MTQ Kotabaru Putuskan Tak Ada Acara Seremonial

Kotabaru, KP – Senin 15/2/2021, rapat lanjutan koordinasi persiapan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Kotabaru ke-51 sebagai rapat pemantapan, di gelar di aula rapat Setda Kabupaten Kotabaru, Operation Room, dipimpin oleh ketua umum LPTQ Kotabaru 2021, H. Said Akhmad Assegaf, dan dihadiri okeh segenap kepanitiaan.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad selaku Ketua umum LPTQ, menyampaikan, “Untuk acara seremonial MTQ Nasional tingkat Kabupaten Kotabaru ke-51 tahun 2021, kita tiadakan dan digelar dengan sederhana, mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih melanda, sehingga hanya acara intinya saja yang kita laksanakan. Itupun dilangsungkan pada siang hari saja, agar tidak terjadi pengumpulan orang banyak. Kepada para camat, agar tidak menurunkan kekuatan berlebih diwilayahnya untuk turun pada MTQ nanti, agar mengurangi berkumpulnya orang banyak. Kemudian, orang yang dibawa ikut nantinya adalah orang yang berpotensi dan benar benar bagus, agar bisa mewakili Kotabaru untuk MTQ tingkat provinsi, katanya.

“Selain itu, tambah Sekda, “mengingat waktu dan anggaran, kepada camat juga diminta jangan memaksakan dengan menyewa kafilah luar untuk pencitraan padahal hal itu hanyalah pembohongan publik saja. Intinya adalah pembinaan terhadap para kafilah diwilayah masing masing agar yang tampil nanti memang orang asli dari Kotabaru.

Kita ingin bisa mencetak Qori dan Qoriah terbaik dari Kotabaru. Bukan menyewa orang luar,” tekan Said Akhmad.

Berita Lainnya
1 dari 206

Sementara Ketua satu LPTQ Kotabaru H Zulkifli BT mengatakan,” Rencananya pelaksanaan MTQ tahun ini waktunya hanya tiga hari saja. Yaitu mulai tanggal 7 hingga 10 Maret 2021, karena selain suasana pandemi Covid-19, kita juga harus mempersiapkan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Bumbu pada bulan April mendatang.

Jadi, Kita harus mempersiapkan dua agenda tahun ini, MTQ kabupaten, juga MTQ provinsi, dan kini waktunya sudah sangat sempit,” Ujar H. Zulkifli.

Dijelaskan oleh Zul,” MTQ tahun ini dilaksanakan lagi, yang semestinya sudah dilaksanakan tahun 2020 kemarin terkendala dengan adanya Wabah pandemi Covid-19. Jadi secara otomatis untuk para kafilah yang sudah disiapkan sebelumnya untuk MTQ tingkat provinsi, saat ini sudah ada yang lewat batas umur, jadi harus diperbaharui dan seleksi ulang tahun 2021.

Sementara untuk tempat lomba dijelaskan ada empat titik. Yaitu, di gedung Islamic Center, gedung Paris Barantai, Kampus STIT Darul Ulum, dan Rumah Tahfiz. Sedangkan bidang yang dilombakan, diantaranya, Tilawah Dewasa, Remaja, Kanak2, Tartil, Tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan cabang Haz yaitu, dekorasi, penulisan buku, hiasan mushab, kontumvoler, Katanya.

Zulkifli menjelaskan, karena masa pandemi sekarang jumlah kafilah per kecamatan nantinya akan dibatasi sekitar 22 kafilah saja, dan untuk perumahan kafilah masih menunggu data dari masing masing kecamatan untuk bisa di siapkan panitia”, Tandas Zulkifli. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya