Bank Sampah Sekumpul Berkontribusi Kurangi Sampah Warga

Martapura, KP – Edukasi mengenai peduli sampah dan lingkungan perlu ditanamkan sejak dini guna memberi contoh kepada anak-anak masa depan bangsa. Peduli sampah sendiri dimulai dengan tindakan nyata, seperti memilah dan mengelolanya.

Mewakili Bupati, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021, sekaligus Harlah Bank Sampah Sekumpul ke-10, Sabtu (27/2).

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 mengusung tema “Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Ikhwansyah mengungkapkan apresiasinya kepada Bank Sampah Sekumpul yang melaksanakan peringatan tersebut sekaligus Harlah dengan kesederhanaan dan protokol kesehatan.

”Ini dapat berkontribusi dengan mengedukasi masyarakat memilah sampah dari rumah dan menabung ke Bank Sampah,” tandasnya.

Dia juga berharap lewat kegiatan ini, menjadi contoh wilayah lainnya. Pemkab Banjar sendiri turut mendukung dan berharap masyarakat lebih giat dan disiplin lagi memilah dan mengelola sampah.

Berita Lainnya
1 dari 533

“Karena sampah dapat bernilai ekonomi di Bank Sampah ini,” tambahnya.

Lurah Sekumpul Gusti Marhusin menambahkan, program Bank Sampah Sekumpul yang 10 tahun sudah berdiri ini, selanjutnya akan mulai mengelola sampah organik, ditandai dengan peletakan bibit budidaya cacing.

“Tahun ini kita programkan gerakan pilah sampah dari rumah. Alhamdulillah progress nya di tahun 2021 bulan ke-2 ini hampir 80 persen sudah pencapaian warga yang tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan,” jelasnya.

Dia berharap gerakan Peduli Sampah ini didukung semua pihak, termasuk warga tetangga dari Kelurahan Sekumpul.

Hadir Pejabat PLN Wilayah Kalselteng Suhadi dan Plt Camat Martapura Ramli. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya