Bupati HSS Serahkan Bantuan Kebakaran di Daha Utara

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meninjau lokasi sekaligus menyerahkan bantuan musibah kebakaran pemukiman di Kecamatan Daha Utara, Selasa (9/3/2021).

Musibah kebakaran pada Sabtu (6/3/2021) lalu itu, terjadi di Desa Pakan Dalam RT 04, RW 2 dan menghanguskan sedikitnya 15 buah rumah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menyalurkan bantuan total Rp 102.000.000 untuk 15 rumah, diberikan sesuai tingkat kerusakan yang telah diverifikasi oleh tim.

“Bantuan yang kita berikan sesuai dengan tingkat kerusakan yang telah diverifikasi oleh tim kita,” terang Bupati HSS Achmad Fikry, usai menyerahkan bantuan tersebut.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, Pemkab HSS telah memberikan bantuan tanggap darurat seperti beras dan sebagainya, jika terjadi musibah kebakaran. 

“Hari ini kita menyerahkan dana untuk perbaikan rumah, karena rumah ini harus cepat untuk tempat mereka berteduh,” terangnya.

Achmad Fikry mengungkapkan, saat ini para korban kebakaran tinggal di rumah keluarga ataupun  tetangga masing-masing, karena mereka tidak mau ditempatkan di penampungan.

Berita Lainnya
1 dari 503

Setelah mendapat bantuan itu, Bupati berharap para korban segera membangun rumah kembali. 

Bupati juga menyerahkan dokumen catatan sipil seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, serta akta kelahiran, bagi para korban yang dokumennya terbakar.

Anak-anak yang sekolah, juga diberikan bantuan berupa tas dan pakaian. 

Pemkab HSS juga menggratiskan pemasangan kembali, jaringan PDAM bagi 7 rumah pelanggan yang telah rusak.

“Ini langkah-langkah kita dalam bantuan, dan terus akan kita kawal mereka, termasuk kesehatan warga itu terus dikawal melalui Puskesmas agar mereka tetap sehat,” ucapnya. 

Ia mendoakan, musibah itu cepat tertangani dengan baik.

Achmad Fikry bersyukur, berbagai kelompok masyarakat mengumpulkan dana, dan menyalurkan untuk membantu korban kebakaran di sana. Termasuk sebutnya, Baznas Kabupaten HSS juga menyerahkan bantuan.

Penyerahan bantuan itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Para Kepala SOPD serta Camat Daha Utara, Syamsuri. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya