Bupati Tapin Panen Ikan Lele

Rantau, KP – Bupati tapin HM Arifin Arpan melakukan panen ikan lele perdana hasil dari usaha ekonomi produktif Karang Taruna Desa Ayunan Papan Karsa Kecamatan Lokpaikat. Selasa (9/3/2021) kemarin.

Sebanyak 5.000 ekor ikan lele dipanen hasil budidaya para pemuda yang tergabung karang taruna desa, bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Tapin melalui program usaha ekonomi desa.

Kepala Desa Ayunan Papan sekaligus Karang Taruna Desa setempat Sanjaya mengatakan, budidaya ikan lele menggunakan sistem kolam terpal dengan bibit ikan sebanyak 5.000 ekor. Selama 3 (tiga) bulan untuk pembesaran ikan lele sudah bisa dipanen dan siap untuk dijual.

“Sebanyak empat kolam terpal, ditebar 5.000 ekor ikan lele untuk pembesaran,’’ ujarnya.

Untuk pemasarannya alhamdulillah banyak peminatnya langsung dari tengkulak datang memebli dengan harga saat ini Rp17.000 perkilogramnya. Hasil dari panen perdana ini kembali dibelikan ikan lele untuk pengembangan selanjutnya.

Dengan panen perdana ini, kedepannya akan mengembangkan lagi budidaya ikan lele dan lebih maju lagi usahanya

Berita Lainnya
1 dari 251

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku bangga apa yang telah dilakukan kaum pemuda yang tergabung dalam karang taruna yakni membudidayakan ikan lele dengan sistem kolam terpal yang kali ini mulai dipanen secara perdana.

“Dengan adanya budidaya ikan lele ini nantinya dapat meningkatkan perekonomian di desa serta untuk pendapatan karang taruna desa, “ ungkapnya.

Kepada kaum mileneal yang tergabung dalam karang taruna, kedepan dapat menciptakan usaha sendiri melalui usaha ekonomi produktif di desa masing-masing dengan menyesuaian apa yang dapat dikembangan di desanya tidak hanya budidaya ikan lele saja.

“Berharap masing desa di tapin bisa mengembangan usaha ekonomi kreatif sesuai dengan potensi  di desanya, “ katanya.

Namun mengingatkan, setelah sukses panen ini, karang taruna dapat mengembangkan secara terus menerus secara berkelanjutan, jangan sampai berhenti dan tidak membudidayakan lagi. Kemudian juga semua pihak turut melakukan pembinaan baik pemerintah desa, dinas terkait dan masyarakat setempat sehingga keberadaan kaum pemuda dapat terus berkembang dengan baik.

Turut hadir panen perdana Kepala Dinas Sosial Kab Tapin Samsi, Camat Lokpaikat Retno Dwi Hastuti, Ketua Karang Taruna Kab Tapin Murtoyo, Tokoh Masyarakat Ayunan Papan, Aparat Desa Ayunan Papan dan Pengurus Karang Taruna Desa Ayunan Papan dan Kabupaten Tapin. (abd/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya