Disiapkan Ratusan Rumah untuk Personel Polda Kalsel

Banjarmasin, KP – Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, mengingatkan dengan bijaksana, agar personel Polri harus memikirkan masa depan untuk keluarga kelak. Yakni dengan memiliki rumah sendiri.

Hal itu dikatakannya di sela kerjasama dan penandatanganan MoU dengan Kepala Kanwil Regional V BTN, Teguh Wahyudi serta Direktur PT Citra Megah Utama, Wahyu Utomo di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (16/3).

Menurut dia, jangan selamanya keenakan tinggal di asrama. Dan ketika purnawirawan, malah bingung belum memiliki rumah pribadi.

“Bagaimana pun uang tetap habis, kalau tidak dipaksakan.

Maka alangkah baiknya cicil rumah mulai sekarang,” pesannya seraya menceritakan kehidupannya bersama istri sewaktu masih berpangkat Iptu, untuk bisa bangun rumah sendiri.

Memudahkan anggota punya rumah, Polda Kalsel menjalin kerjasama dengan BTN dan PT Citra Megah Utama terkait penyediaan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) khusus bagi anggota Polri.

Kapolda melalui Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi mewajibkan kepada para anggota Polri khususnya yang baru bergabung dengan Korps Bhayangkara untuk memanfaatkan program KPR tersebut.

Ada 350 unit rumah bersubsidi yang disiapkan untuk para personel Polri di Polda Kalsel melalui program kredit pemilikan rumah (KPR) BTN dengan sederet kemudahan yang juga diberikan.

Lokasi perumahan di Jalan Cempaka Baru, Kota Banjarbaru, dinilai sangat strategis. Mengingat Kantor Polda Kalsel tak lama lagi akan pindah ke Banjarbaru.

Berita Lainnya

Nahas, Kakek Tewas Terbakar

Sejumlah Remaja Balapan Liar Diamankan

1 dari 1.238

Sehingga jarak tempuh dari perumahan tersebut ke Mapolda Kalsel nantinya diperkirakan hanya 10 menit.

“Untuk itu saya perintahkan ke Karo SDM, untuk anggota yang muda yang belum lama lulus jadi anggota Polri untuk wajib atau kita paksa untuk mengambil rumah tersebut dengan periode waktu 20 tahun.

Maksudnya adalah agar mereka pada waktunya nanti punya rumah sendiri, tidak perlu mengontrak ke sana kemari,” ucap Kapolda.

Kapolda yakin dengan memiliki rumah sendiri, para personelnya dapat lebih fokus bekerja serta mengabdi untuk Polri dan masyarakat.

Sementara Kepala Kanwil Regional V BTN, Teguh Wahyudi mengatakan, melalui program KPR tersebut, para prajurit Polri bisa mendapatkan kemudahan seperti uang muka hanya 1 persen, tenor maksimal hingga 20 tahun dan besaran bunga kredit tetap dengan waktu yang panjang.

Teguh mengatakan, digandengnya PT Citra Megah Utama sebagai pengembang dalam program KPR tersebut, karena lahan perumahan dipastikan layak dan tak tumpang tindih. “Karena tanah itu sudah clean and clear,” katanya.

Direktur PT Citra Megah Utama, Wahyu Utomo mengatakan, rumah subsidi yang disediakan bertipe 36 dengan luasan tanah masing-masing 160 meter persegi.

Pihaknya juga memberikan penawaran harga yang lebih terjangkau, yaitu Rp151 juta lebih rendah dibanding rata-rata harga rumah bersubsidi saat ini yaitu Rp164 juta.

“Kami juga membantu menguruskan dana Asabri, jadi bisa lebih murah lagi. Dengan tenor 20 tahun, satu bulan tidak sampai satu juta cicilannya lo,” pungkas Wahyu. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya