Jagung JH-37 Katuju, Kualitasnya Memuaskan

Pelaihari, KP – Benih jagung unggul lokal JH-37 Katuju yang dibudidayakan oleh para petani di Tanah Laut (Tala) kembali memasuki masa panen raya. Benih jagung yang dikelola secara mandiri tersebut diyakini lebih kuat dan lebih tahan dengan iklim di Tala dibandingkan dengan benih jagung impor lainnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta dalam sambutannya pada acara Panen Raya Jagung Hibrida JH-37 Katuju di Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar yang turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA, Selasa (2/3/2021).

Pembudidayaan benih jagung JH-37 Katuju merupakan salah satu upaya masyarakat petani Tala dalam mendukung program pertanian pemerintah. Dengan menghasilkan benih jagung secara mandiri, Sukamta meyakini akan lebih meringankan modal petani jagung.

“Ini memang bibit baru yang kita budidayakan dalam dua tahun terakhir. Alhamdulillah dari beberapa hasil panen kita bisa lihat langsung kualitasnya. Hasilnya memuaskan, sesuai dengan iklim tanah kita”, ungkap Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 374

Lebih lanjut Sukamta berharap program benih jagung JH-37 Katuju ini juga bisa diikuti oleh petani lainnya. Mengingat Tala merupakan salah satu daerah dengan beberapa pabrik pengolahan jagung, maka tuntutan bahan baku jagung akan terus meningkat.

“Tujuan kita memang ingin petani jagung Tala bisa mandiri benih kedepannya. Jagung dari kita memang belum cukup, karena untuk memenuhi kebutuhan bahan baku jagung di pabrik saja perusahaan-perusahaan itu masih mengambil dari luar daerah. Bayangkan kalau warga kita yang lain yang punya lahan bisa ikut menanam jagung, ini peluang”, pungkasnya.

Istilah Katuju pada benih jagung JH-37 Katuju merupakan singkatan dari Meningkatkan Usaha Jagung Unggul yang sebelumnya dicetuskan oleh bupati Sukamta dan wakil bupati Abdi Rahman. Dengan harapan benih jagung yang menjadi benih lokal Tala tersebut disukai oleh masyarakat dan memotivasi petani Tala dalam menanam jagung.

Selain panen raya, pada acara tersebut juga dilakukan penanaman benih JH-37 secara simbolis. Turut berhadir Penjabat Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, Direktur Benih Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Edy Purnawan, unsur forkopimda serta para pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya