Penyandang Disabilitas Harapkan Komisi Disabilitas Terbentuk

Banjarbaru, KP – Para penyandang disabilitas yang diwakili Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia ( PPDI ) Kalsel mendatangi Komisi Informasi Prov Kalsel, Senin..

Tujuan kunjungan ke kaum disabilitas untuk mengetahui masalah keterbukaan informasi sekaligus melakukan untuk bersilaturahim dan sharing tentang keterbukaan informasi publik, khusus nya pelayanan informasi publik bagi penyandang disabilitas.

Ketua DPD PPDI Kalsel M.Ansyari, ketika berdialog dengan komisioner Komisi Informasi, mengemukakan bahwa oragnisasi penyandang disabilitas terdiri dari beberapa organisasi, yaitu Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Gerakan untuk Kesejahtaraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN), Persatuan tunarungu Indonesia (PERTUNI), dan Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Disabilitas (PPUA).

Berita Lainnya
1 dari 633

Disamping Ansyari mengharapkan kemudahan kaum disabilitas dalam memperoleh akses terhadap informasi publik, Ansyari juga meminta saran dan masukan terkait rencana pembentukan komisi disabilitas daerah agar dapat segera terealisasi di Kalimantan Selatan.

Ansyari mengungkapkan saat ini bahwa para penyandang disabilitas memiliki perda no.4 tahun 2019 kalsel tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, tetapi belum mempunyai Pergub untuk mengatur hal-hal yang lebih rinci terkait kepentingan disabilitas yang tertuang dalam Perda tersebut.

Mahyuni selaku ketua pembina PPDI Kalsel yang juga mantan Ketua Bawaslu Kalsel mengungkapkan bahwa penyandang disabilitas di Kalimantan selatan masih kurang terpenuhi dalam hak mendapatkan pekerjaan, ia berharap ada kuota tertentu yang dijatahkan khusus bagi penyandang disabilitas.

Tamliha Harun selaku tuan rumah dan juga ketua Komisi Informasi Kalsel menyatakan bahwa pelayanan untuk mendapatkan informasi harus disetarakan untuk semua orang, dimana tidak ada pembatasan bagi siapapun dalam memperoleh informasi dan harusnya pemerintah menyediakan kemudahan-kemudahn bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan informasi yang dimaksudkan. (hid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya