BNPB Gelar Peringatan Hari Bencana

Banjarbaru,KP- Minggu (25/04/2021) pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021, yang dilaksanakan setiap tanggal 26 April.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak semua pihak, khususnya keluarga, dapat memanfaatkan setiap 26 April untuk melakukan latihan secara serentak, dengan ditandai bunyi seperti kentongan, sirine maupun lonceng pada pukul 10.00 waktu setempat.

Dari kegiatan tersebut diharap jika setiap individu bisa memahami risiko bencana hingga dapat menumbuhkan budaya sadar bencana.

HKB yang mengangkat tema “Siap Untuk Selamat merupakan kesempatan kepada setiap individu, keluarga, komunitas, masyarakat dan institusi untuk berlatih bersama menghadapi ancaman bahaya”. Diharap berharap masyarakat dan bisa memfokuskan pada uji sistem peringatan dini dan latihan evakuasi.

Berita Lainnya
1 dari 564

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BDPND Kota Banjarbaru, Zaini Syahranir mengakatan jika kegiatan HKB diharapkan dapat mendorong keluarga dan masyarakat memiliki karakter budaya sadar bencana.

Dengan strategi komprehensif meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan keluarga dan masyarakat, dalam menghadapi ancaman bencana. Karena,m langkah pencegahan bencana berupa peningkatan kesiapsiagaan dapat berawal dari unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga.

“Sampai nanti setiap orang dalam keluarga bisa menyelamatkan diri sendiri dan lingkungan sekitar apabila terjadi bencana,” ujarnya.

Di samping latihan evakuasi, keluarga dapat melakukan Latihan lain, seperti menyusun rencana darurat keluarga, melihat secara bersama akses evakuasi dari dalam rumah yang aman, mengetahui fisik bangunan tempat tinggal dan upaya pengamanan apabila terjadi banjir atau gempa bumi. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya