Dewan Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Walikota Tahun 2020

Banjarmasin,KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin menyampaikan catatan penting berupa rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjarmasin Tahun Anggaran 2020.

Melalui Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Jumat siang (16)4/2021), Penjabat (Pj) Walikota Banjarmasin Ahmad Fydayeen untuk pertama kali hadir di lembaga wakil rakyat itu.

Rapat Paripurna yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya, didampingi Wakil Ketua Matnor Ali, HM Yamin dan Tugiatno dan dihadiri anggota dewan.

Sementara jajaran eksekutif hadir sejumlah kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Rekomendasi dikeluarkan atas hasil pembahasan melalui komisi terhadap LKPJ Walikota ini dibacakan Plt Sekwan DPRD Kota Banjarmasin Iwan Ristianto.

Dari sekian rekomendasi disampaikan diantaranya soal pendidikan karena adanya sejumlah program atau kegiatan yang tidak bisa direalisasikan lantaran kesalahan input dalam perencanaan.

Berita Lainnya
1 dari 2.769

Sementara bidang kesehatan masih terjadinya lonjakan kasus penularan virus corona (Covid-19), Juknis AK di Puskesmas yang setiap tahun berubah dan terlambat turun ke tim perencanaan.

Dewan juga menyoroti kinerja SKPD lainnya, seperti bidang lingkungan hidup. Dalam rekomendasi dikeluarkan dengan meminta perlunya penambahan perluasan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) karena sampah dibuang sudah melebihi kapasitas.

Sedangkan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, dalam rekomendasinya meminta agar mengoptimalkan pembebasan lahan untuk kepentingan umum diantaranya revitalisasi jembatan HKSN agar pekerjaan pembangunan jembatan tersebut segera diselesaikan.

Selain dewan juga menyoroti pemotongan anggaran yang cukup besar bidang sungai untuk penanganan Covid-19, sehingga upaya normalisasi sungai untuk pencegahan banjir di kota ini tidak berjalan maksimal.

Secara khusus terkait antisipasi musibah banjir agar dikemudian hari tidak terulang serta masih mewabahnya ancaman virus corona, dewan dalam rekomendasinya mengingatkan Pemko Banjarmasin terus bekerja keras melakukan sejumlah program antisipasi.

Termasuk program membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Rekomendasi disampaikan sebagai saran dari dewan sebagai lembaga legislatif kepada pihak eksekutif dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan kedepan. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya