Dispora Kalsel gelar Bimtek Pengelolaan Dana Hibah

Dispora Provinsi Kalsel menggelar Bimtek Pengelolaan dana Hibah, bagi organisasi Olahraga, Kepemudaan dan Kepramukaan, Kamis hingga Sabtu (8-10/4/2021)

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel, H Hermansyah mengingatkan agar organisasi kepemudaan, organisasi olahraga, dan Pramuka bijak dan rinci dalam mengelola dana hibah dari pemerintah.

Pasalnya, apabila terjadi kesalahan, maka akan mengarah pada penyelewengan. Akibatnya, akan berbuah sanksi pidana. Untuk itu, Dispora Kalsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana Hibah bagi Organisasi Olahraga, Kepemudaan, dan Kepramukaan di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis hingga Sabtu (8-10/4/2021).

“Dana hibah yang diberikan kepada organisasi olahraga, kepemudaan, dan Pramuka merupakan uang negara. Sehingga, pengelolaannya harus sesuai aturan negara. Artinya, ketika sukses menerima dana hibah, maka harus sukses dalam pelaksanaannya dan sukses juga dalam pertanggungjawabannya,” ungkap pria yang akrab disapa Herman tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 398

Herman menuturkan Dispora Kalsel selaku dinas pemangku dana hibah organisasi keolahragaan, kepemudaan, dan Pramuka wajib melakukan supervise dan kontrol. “Tujuannya, ini sebagai bagian dari upaya mengurangi dan menghindarkan kesalahan administrasi. Oleh karena itu, dalam Bimtek kali ini kami hadirkan narasumber yang kompeten. Antara lain, dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Biro Hukum Kalsel, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat, dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalsel,” sebutnya.

Di sisi lain, Herman menceritakan tahun ini dana hibah yang dikucurkan mengalami pemangkasan untuk keperluan penanganan pandemi Covid-19. “Tahun lalu, Dispora Kalsel menyalurkan dana hibah sebesar Rp29 miliar. Tahun ini, hanya Rp19 miliar. Walaupun dipangkas lumayan besar, semoga dana tersebut bisa memadai untuk mendukung kegiatan keolahragaan, kepemudaan, dan Pramuka di Kalsel,” harapnya. Sementara itu, Panitia Pelaksana Bimtek tersebut, Rochyatin Effendi menuturkan agenda ini diikuti 50 organisasi keolahragaan, kepemudaan, dan Pramuka se-Kalsel.

“Lewat Bimtek ini diharapkan akan semakin meningkatkan pemahaman dan profesionalitas personel organisasi keolahragaan, kepemudaan, dan Pramuka se-Kalsel dalam mengelola dana hibah,”papar Rochyatin.

Pembukaan kegiatan Bimtek Pengelolaan Dana Hibah, dihadiri Sekretaris dispora M Ramlan, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora, Heru Susmianto dan Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora HM Nasir.

Pembukaan ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Kadispora H Herrmansyah kepada dua orang perwakilan. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya