Karang Taruna Pilar Kekuatan Pembangunan Desa

Tanjung, KP – Disebabkan peran pentingnya di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, karang taruna adalah pilar kekuatan di dalam pembangunan tingkat pedesaan, maka Sumber Daya Manusia (SDM)-nya perlu terus ditingkatkan.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Organisasi Karang Taruna se-Kabupaten Tabalong belum lama tadi di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Menurut Anang, kegiatan tersebut dipandang penting, sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas SDM pengurus karang taruna se-Kabupaten Tabalong. “Berdasarkan Undang-Undang nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial telah digariskan bahwa, karang taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda desa yang sangat dibutuhkan perannya dalam pembangunan desa, khususnya di bidang sosial,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 252

“Oleh sebab itu karang taruna juga berperan penting di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan merupakan pilar kekuatan di dalam kegiatan pembangunan di pedesaan. Kualitas SDM pengurus karang taruna tersebut terus menerus ditingkatkan, dan salah satu cara melalui kegiatan bimbingan teknik yang dilaksanakan pada hari ini, melalui kegiatan ini pula setiap karang taruna yang sudah terbentuk agar bersinergi dengan pemerintah, baik Pemerintahan Desa, Pemerintahan Kabupaten, sehingga kita dapat memaksimalkan peran karang taruna dalam mendukung upaya pemerintah melaksanakan pembangunan,” terang Anang.

Meski demikian, orang nomor satu di Kabupaten Tabalong ini juga mengingatkan kepada seluruh pengurus karang taruna di Kabupaten Tabalong, bahwa sekarang ini sedang  berada di tengah-tengah arus kemajuan teknologi informasi yang sangat dahsyat, mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kalau tidak ada pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), “mungkin kemajuan teknologi informasi yang dahsyat ini belum maksimal melanda di wilayah kita Kabupaten Tabalong. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, sehingga pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan,” ujarnya.

“Misalnya kalau kita mau makan makanan Wong Solo, kita tidak perlu datang langsung kesana cukup pesan melalui ojek online, misalnya melalui Indojek tidak sampai setengah jam pesanan kita datang. Kita tidak pernah membayangkan kondisi sekarang ini suasana seperti di perkotaan yang melanda Kabupaten Tabalong, ini harus disikapi pengurus karang taruna di Kabupaten Tabalong supaya tidak ketinggalan dengan arus kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” pesan Anang.

Selebihnya, Bupati Tabalong meminta kepada Kepala Dinas Sosial untuk membuat kegiatan Bimtek kerjasama dengan Diskominfo dimulai dengan hal-hal yang sederhana bagaimana mengelola dan memanfaatkan Medsos untuk kepentingan organisasi karang taruna dan anggotanya, dan bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk percepatan pembangunan di desa. “Dengan cara ini karang taruna tidak akan ketinggalan, karena memang sekarang ini eranya era milenial yang hampir 90 persen pengurus karang taruna merupakan generasi milenial yang sangat dekat dengan teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

“Jangan ada lagi anggapan karang taruna yang berada di desa selalu dekat dengan suasana desa saja, jauh dari kemajuan dan sebagainya semua itu harus kita balik karang taruna harus tampil kedepan sebagai bagian dari generasi milenial yang siap memajukan Tabalong untuk mewujudkan Tabalong sebagai Smart City kota yang cerdas, bukan hanya cerdas dalam hal pendidikan formal, tapi cerdas dalam hal pemanfaatan teknologi informasi komunikasi untuk kepentingan kehidupan sehari hari dan kemajuan pembangunan,” demikian pungkas Bupati Tabalong. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya