Mahalnya Harga Cabe Kembali Picu Inflasi Kalteng

Dua kota yang menjadi sampel pergerakan harga konsumen yakni Palangka Rata dan Sampit, keduanya mengalami inflasi dan tingginya harga cabe menjadi salah satu pemicu.

PALANGKA RAYA, KP — Harga cabe rawit dan jenis cabe-cabean lainnya masih tinggi. Demikian pula harga ayam ras pada kelompok makanan juga memberi andil cukup besar kenaikan indek harga konsumen (IHK) atau inflasi di Kalteng bulan Maret tadi mencapai 0,12 ,persen.

Hasil rilis yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Eko Narsoro kepada media, Kamis (1/4) mengungkapkan dua kota yang menjadi sampel pergerakan harga konsumen yakni Palangka Rata dan Sampit semuanya mengalami inflasi.

Dijelaskan pihak BPS Pusat juga memantau 90 kota pantauan IHK nasional, 58 kota mengalami

Berita Lainnya
1 dari 527

inflasi dan 32 kota deflasi selama Maret 2021.

Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura (1,07 persen) dan deflasi tertinggi di Bau-bau (0,99 persen). Palangka Raya menempati peringkat ke-31 kota inflasi di tingkat nasional, sedangkan Sampit menempati peringkat ke-55.

Inflasi di Palangka Raya (0,18 persen) dipengaruhi oleh peningkatan indeks harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau (0,75 persen), kelompok. Kemudian kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran (0,13 persen), serta kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya (0,08 persen).

Sedangkan Inflasi di Sampit (0,04 persen) dipengaruhi oleh peningkatan indeks harga pada kelompok makanan, minuman dan tembakau (0,85 persen), kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran (0,39 persen), serta kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga (0,11 persen).

Maka berdasarkan dua kota acuan (Palangka Raya dan Sampit), Provinsi Kalimantan Tengah bulan Maret 2021 mengalami inflasi (0,12 persen), laju inflasi tahun kalender (0,42 persen), dan tingkat inflasi tahun ke tahun (1,01 persen). (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya