Pj Gubernur Pertimbangkan PSU Libur

Berita Lainnya
1 dari 2.771

Banjarmasin, KP – Pejabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA akan mempertimbangkan untuk libur pada pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan Gubernur Kalsel pada 9 Juni 2021 mendatng.
“Kita akan pertimbangkan untuk meliburkan wilayah yang melaksanakan PSU,” kata Safrizal kepada wartawan, usai paripurna dewan dengan agenda penyerahan rekomendasi LKPj kepala daerah tahun 2020, Rabu (28/4/2021), di Banjarmasin.
Safrizal mengatakan, akan merespon usulan menjadikan pelaksanaan PSU hari libur, termasuk mempelajarinya agar bisa mengambil kebijakan, apakah efektif diberlakukan hari libur atau tidak.
“Paling lambat akan kami umumkan dua minggu sebelum pelaksanaan PSU Pilkada dimulai di Kalsel,” tegasnya, didampingi Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK.
Dijelaskan, dijadikannya libur pada pelaksanaan PSU bertujuan baik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di enam kecamatan dan satu kabupaten yang melaksanakannya. Yakni di Kecamatan Aluh-aluh, Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Mataraman, Kecamatan Martapura, Kecamatan Astambul di Kabupaten Banjar, Kecamatan Banjarmasin Selatan di Kota Banjarmasin dan 24 TPS di Kabupaten Tapin.
“Kita akan mengkaji dan pelajari apakah nantinya diliburkan seluruhnya atau hanya sebagian bagi masyarakat yang memiliki hak suara ini,” ujar Safrizal.
Lebih lanjut Safrizal mengungkapkan, aktivitas kerja di masa pandemi Covid-19 diberi kebijakan sebagian dapat bekerja dari rumah (work from home) dan sebagian di lingkungan instansi pemerintahan atau lingkungan kerja. Dengan demikian, pelayanan publik bisa tetap berjalan maksimal.
“Kita ingin kebijakan PSU nantinya bagaimana pelayanan publik tetap berjalan dan hak pilih mereka tetap dapat disalurkan,” tambahnya.
Sebagaimana diketahui MK memerintahkan KPU Provinsi Kalsel melaksanakan PSU paling lambat 60 hari sejak dibacakannya amar putusan pada 19 Maret 2021. Menindaklanjuti hal tersebut KPU Provinsi Kalsel menjadwalkan pelaksanaan PSU di Kalsel pada 9 Juni 2021. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya