Rumah Singgah ‘Naungan Sehati’ untuk Penanggulangan Masalah Sosial di HSS

Kandangan, KP – Sebagai bentuk keseriusan dalam penanggulangan masalah sosial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah membangun rumah singgah ‘Naungan Sehati’ dan sudah dioperasionalkan.

Rumah singgah yang berada di Jalan Kamboja seberang Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten HSS itu, diresmikan Bupati HSS Achmad Fikry bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad Senin (12/4/2021) lalu, ditandai pemotongan untaian melati.

Disediakan sebanyak 2 kamar, pada rumah singgah yang merupakan memanfaatkan bangunan eks Kantor Kecamatan Kandangan itu, dengan kapasitas untuk sebanyak 8 orang.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, rumah singgah ini disiapkan untuk menampung masyarakat yang mengalami permasalahan sosial dan memerlukan bantuan.

“Inilah bentuk pelayanan, yang harus terus kita berikan kepada masyarakat yang menyandang masalah sosial,” tuturnya.

Untuk masuk ke rumah singgah itu terangnya, ada jalur dan standar operasioal prosedur (SOP) bagi masyarakat yang berhak.

Berita Lainnya
1 dari 568

“Dengan maraknya permasalahan sosial di era global ini, tentunya rumah singgah ini menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka penyandang sosial di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Ia mengimbau, sebagai warga yang baik untuk mendukung setiap program pemerintah. Serta, imbauan pemerintah di masa pandemi Covid-19 untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Dinsos Kabupaten HSS Nordiansyah menjelaskan, rumah singgah yang telah beroperasi itu bersifat rumah sementara bagi masyarakat yang memiliki masalah sosial.

“Selama ini, kalau ada warga yang terlantar itu diamankan di posko Tagana. Tetapi setelah adanya rumah singgah ini, maka otomatis dialihkan ke sana,” terang Nordiansyah.

Pembangunan rumah singgah itu ungkapnya, merupakan amanah Kepala Dinsos HSS terdahulu sehingga dilaksanakan pembangunan fisiknya di tahun 2020.

Pada Februari 2021 lalu, pihaknya sudah mempersiapkan untuk pengadaan material dan bahan-bahan untuk di dalam, serta sumber daya manusia (SDM) nya.

Saat peresmian rumah singgah itu, Bupati berkesempatan meninjau ke dalam ruangan. Kemudian melanjutkan dengan kegiatan pembinaan dan pengarahan kepada pejabat structural di Dinsos HSS. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya