Sambil Sosialisasi, Satpol PP Jaga TPS yang Ditutup

Banjarmasin, KP – Setelah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kuripan dan TPS Gudang Kulit resmi ditutup, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menugaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat untuk berjaga di dua lokasi pembuangan sampah tersebut.

Berdasarkan pantauan awak media, di kedua TPS yang sudah ditutup itu terpasang tali pembatas serta spanduk bertuliskan pemberitahuan penutupan TPS.

Selain ditugaskan untuk berjaga, keberadaan aparat penegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Banjarmasin itu juga ditugaskan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk membuang sampah di TPS yang sudah ditentukan.

Komandan Pleton (Danton) 5 Satpol PP Kota Banjarmasin, Wagimin mengatakan, pihaknya menurunkan 4 orang sampai 6 orang yang bergantian setiap hari untuk melakukan penjagaan di TPS Pasar Kuripan dan Gudang Kulit.

“Jadi personil kita turunkan dibagi 2 shift. Jamnya dari pagi sampai jam 4 sore itu 2 orang, dan dari sore sampai jam 11 malam itu 4 orang,” ucapnya saat dibincangi Kalimantan Post sambil melakukan penjagaan, Kamis, (08/04) siang.

Berita Lainnya
1 dari 3.211

Ia mengaku, pada awal penutupan TPS, pihaknya masih menemukan kendala di lapangan, seperti masih adanya warga yang mencoba membuang sampah di lokasi TPS Akan tetapi setelah berjalan, warga sadar akan penutupan TPS tersebut.

“Warga masih banyak yang coba buang sampah, tapi karena kita melakukan penjagaan, kita sambil sosialisasi juga agar membuang dilokasi yang disediakan,” tuturnya.

Belum lama tadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar, mengungkapkan, bahwa selama penutupan dua TPS tersebut, pihaknya menyiagakan aparat Satpol PP Kota Banjarmasin, sama seperti di TPS Pramuka dan Veteran sebelumnya.

Ia pun mengaku saat ini sosialisasi terkait penutupan TPS dan pemindahan tempat membuang sampah itu sudah dilakukan kepada warga.

“Sudah kita sampaikan sejak Sabtu (3/4/21) kemarin,” tuturnya.

Senada dengan Danton 5, Mukhyar pun juga meminta warga untuk tidak lagi membuang sampah di TPS yang ditutup tersebut.

“Sama seperti penutupan TPS di Pramuka dan Veteran. Warga silahkan buang sampah di tempat yang disediakan, itu kita sediakan di TPS Pasar Buah,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya